peluang usaha porang

Analisa Peluang Usaha Porang Untuk Pembisnis Pemula

Analisa Peluang Usaha Porang Untuk Pemula – Tanaman porang sedang populer dibincangkan karena kisah sukses seorang petani porang yang menjadi miliader karna usaha budidaya tanaman porang, sehingga membuat masyarakat mulai melakukan analisa usaha tanaman porang. Porang atau nama lainnya iles-iles merupakan salah satu spesies Amorphophallus.

Porang merupakan tumbuhan asli asal indonesia yang sudah cukup lama manfaatnya digunakan oleh masyarakat indonesia. Bahkan pada saat masa penjajahan jepang, jepang memaksa para masyarakat untuk mendapatkan porang guna mengolahnya menjadi makanan dan bahan industri. Selain khasiat pohon porang ini sebagai bahan pangan dan industri rupanya porang juga sangat bagus bagi tubuh manusia.

Analisa Kelebihan Peluang Usaha Tanaman Porang

Tanaman porang dapat berkembang dan tumbuh pada tangkai tunggal, Porang biasanya memiliki warna hijau dengan bercak  berwarna putih. Tanaman Porang sendiri hanya dapat tumbuh dibawah naungan pohon seperti pohon jati.

Kandungan yang ada pada porang dapat menjadi bahan baku untuk pembuatan jelly dan lem hingga mampu menjadi barang ekspor ke Negeri Sakura Jepang.

Selain kelebihan tersebut, jika kalian membudidayakan porang maka akan menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Umbi porang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan industri.

Manfaat Tanaman Porang bagi Industri

Tanaman Porang memiliki kandungan yang sangat banyak sehingga dapat dijadikan sebagai bahan dasar pada bidang pangan, industri, kimia dan kesehatan.

Salah satu contoh pemanfaatan porang pada bidang industri adalah sebagai bahan baku pangan. Porang juga dapat dipakai sebagai bahan untuk produk kue, roti, es krim, permen, dan lain-lainnya.

Kandungan konjac pada porang sangat bermanfaat fdalam bidang kimia contohnya saja untuk membuat lem dan cat tembok, pelapis kedap air, penguat tenunan kain, dan bahan pembuat kertas yang tipis dan tahan air.

Manfaat Tanaman Porang bagi Kesehatan Tubuh

Sangat baik untuk menurunkan berat badan

Porang sangat dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, contohnya saja apabila kalian ingin menurunkan berat badan maka porang dapat menjadi salahs satu menu yang dapat anda konsumsi ketika diet.

Karena kandungan glukomanan yang dimiliki oleh porang akan sangat efektif untuk menjadi serat makanan pengganti nasi. Glukomanan juga akan berperan penting dalam bahan pengentalan campuran makanan contohnya saja untuk pembuatan jelly.

kadar kolesterol pada tubuh

Banyak peneliti yang melakukan penelitian terhadap pasien penderita diabetes, dengan memberi pasien tersebut dengan suplemen glukonmanan yang terbuat dari porang. Kadungan glukomanan pada suplemen yang terbuat dari porang tersebut faktanya dapat menurunkan kadar kolestrol yang tinggi pada tubuh.

Peneliti menginginkan hasil yang memuaskan, dengan memberinya para penderita penyakit kadar  3,6 gram suplemen yang terbuat dari glukomanan porang.

Dengan penurunan kadar kolestrol maka akan mencegah tubuh terkena penyakit jantung dan stroke.

Mampu mengatasi sembelit

Kandungan glukomanan pada porang dapat mengatasi penyakit sembelit yang terjadi pada seseorang.

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa mereka yang telah mengkonsumsi glukomanan tidak merasakan sakit lagi saat buang air besar.

Mampu mencegah terjadinya kanker

Penelitian banyak mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi porang dapat mencegah tubuh terserang penyakit kanker paru-paru.

Tepung konyaku memiliki kandungan yang dapat sangat efektif dalam menghambat bahkan mencegah perkembangan zat prakanker pada tubuh.

Analisa Kekurangan Peluang Usaha Tanaman Porang

Berikut kekurangan usaha tanaman porang:

  • Anda membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun dari masa tanam hingga masa panen. Walaupun setelah itu kalian dapat memetik porang lagi setiap tahunnya tanpa harus menanam kembali bibitnya, tapi 3 tahun bukan lah waktu yang cepat untuk menunggu.
  • Pada saat ini jumlah informasi yang ada pada indonesia mengenai porang masi belum banyak. Referensi mengenai tantangannya disamakan dengan tanaman suweg.
  • Pada suweg, akan ada kemungkinan ada yang gagal dari 100% bibit yang anda tanam.
  • Hama dan penyakit yang umum adalah virus yang membuat pembusukan pada batang, daun, umbi dan lain-lainnya
  • Harus menggunakan teknis pemasaran yang tepat agar mendapatkan pundi-pundi uang. Inilah ilmu yang masi minim di indonesia faktanya banyak petani yang terhalang jaringan.
  • Mereka hanya dapat bertani dan memberikan hasil tani tapi tidak tau bagaimana cara menjualnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *