Ide Bisnis Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Jika kamu memiliki banyak waktu luang di rumah kamu bisa mengisi waktu luang kamu dengan aktivitas yang menghasilkan pundi-pundi untuk menambah keperluan sehari-hari. Beberapa ide bisnis sederhana ini bisa kamu coba karena tak membutuhkan modal besar.

Ide Bisnis Sederhana

1. Cetak Foto Polaroid

Jasa cetak foto polaroid ternyata termasuk bisnis bermodal kecil tapi menguntungkan. Foto bergaya polaroid ini banyak diminati karena memberi kesan keren dan cocok untuk dijadikan koleksi, aksesoris aesthetic ruangan, hingga dekorasi acara.

Dengan printer khusus polaroid dan 1 set kertas foto yang dijual dengan harga ekonomis, kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Bahkan kalau kamu bisa mengembangkan kreativitasmu dengan jasa cetak foto polaroid ini, kamu bisa mendapat keuntungan lebih.

2. Ide Bisnis Sederhana Menjual Gorengan

Bagi kamu yang tinggal di daerah padat penduduk, menjual gorengan bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa menjual gorengan seperti bakwan, tempe goreng, cireng, pisang goreng, dan beberapa jenis gorengan lainnya.

3. Ide Bisnis Sederhana Usaha Cuci Motor

Masih berkaitan dengan kendaraan, jumlah pengguna sepeda motor juga semakin tahun semakin meningkat. Ini tentu dapat membuka peluang kamu untuk memulai bisnis jasa cuci motor. Modal yang dibutuhkan yaitu pompa air, semir ban, sampo motor dan kain untuk mengeringkan.

Dengan bermodalkan Rp 1 juta, bisnis ini sudah dapat menjadi sumber rejeki bagi kamu dan orang yang kamu pekerjakan. Jika bisnis ini berkembang pesat kamu dapat menambah kompresor untuk kebutuhan bisnis cuci motor kamu ke depannya.

4. Menerima Pesanan Kue

Ini bisa jadi ide bisnis sederhana kecil-kecilan yang menarik. Di hari-hari tertentu kamu bisa terima pesanan kue yang memang jadi andalanmu. Seperti kue kering, cake, dessert box, atau jenis kue-kuean kekinian lainnya.

Banyak orang yang menyukai camilan yang satu ini. Target pasarnya juga dijamin ada di mana-mana. Bisnis ini gak butuh banyak modal, bergantung pada jumlah pesanan kue yang kamu terima. Semakin banyak pesanan, semakin berlipat ganda pula keuntungannya.

5. Usaha Jus Buah

Salah satu ide bisnis sederhana adalah dengan membuka usaha jus buah. Minuman ini menjadi favorit bagi mereka yang suka makanan dan minuman sehat. Biasanya,  jus buah bagus untuk memenuhi nutrisi tubuh karena buah mengandung banyak vitamin dan mineral. Kamu bisa memulai usaha ini dengan modal di bawah Rp 1 juta untuk keperluan membeli blender, gelas plastik, dan bahan-bahan jus lainnya.

6. Jasa Potong Rambut

Membuka jasa potong rambut sangat memungkinkan jika kamu memiliki kemampuan di bidang ini. Cukup bermodalkan gunting dan alat cukur rambut, kamu sudah bisa membuka usaha potong rambut di teras rumah. 

Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini kurang lebih hanya Rp 1 juta, karena alat cukur yang dijual berkisar Rp 150 ribu sampai paket alat cukur yang lengkap sekitar Rp 900 ribuan.

7. Jasa Cuci Sepatu

Jasa cuci sepatu menjadi bisnis yang paling laku akhir-akhir ini. Dengan jumlah pebisnis yang masih sedikit memungkinkan kamu memiliki peluang untuk menguasai pasar.  Modal yang kamu perlukan tidak besar untuk memulai bisnis cuci sepatu. Berbekal pengetahuan tentang merawat sepatu, deterjen khusus, dan peralatan yang sesuai, kamu bisa langsung menjalankan bisnis ini.

Jangan lupa kedepankan kualitas pencucian agar customer percaya dan akan selalu kembali lagi. Gunakan juga strategi pemasaran yang efektif agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

8. Membuka Toko Kelontong

Toko kelontong yang menjual berbagai keperluan sehari-hari mulai dari kopi, roti, air minum, dan beberapa jualan snack adalah salah satu bisnis kecil-kecilan yang bisa kamu coba. Terutama jika daerahmu termasuk jauh dari toserba atau minimarket.

Kamu bisa memulai membuka toko kelontong dengan lapak kecil di depan rumah. Modal barang dagangan bisa disesuaikan dengan kebutuhan warga sekitar.

Itulah beberapa ide bisnis sederhana yang bisa kamu coba. Menjadi pengusaha tidaklah mudah. Kamu harus terus belajar dan berproses hingga bisnismu berkembang. Agar kamu lebih siap ketika menjalani bisnis yang lebih besar, ada baiknya kamu belajar berbisnis terlebih dahulu dengan memulainya dari bisnis yang sederhana seperti ide-ide di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *