Cara Membuat Es Krim Pop Ice Lembut Banget

Hai teman-teman semuanya! Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan resep cara membuat es krim pop ice lembut banget. Apakah anda pernah membuat es krim pop ice sebelumnya? Atau mungkin tidak tahu caranya? Yuk simak selengkapnya.

Resep yang akan saya bagikan kali ini kita akan menggunakan pop ice rasa alpukat yang memiliki cita rasa manis dan menyegarkan. Namun sebelum ke resepnya yuk simak terlebih dahulu mengenai kandungan nutrisi dan juga manfaatnya bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Alpukat

Bauh alpukat adalah buah yang termasuk memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, yaitu sekitar 20 kali lebih tinggi dibandingkan dengan jenis buah lain. Buah dengan nama latin Persea americana ini diyakini tumbuh subut di wilayah Amerika Tengah.

Di negara kita sendiri, buah alpukat pertama kali diperkenalkan oleh Hindia Belanda pada tahun 1920-1930. Pada saat itu Belanda membawa buah alpukat ke Indonesia untuk memnuhi kebutuhan lemak masyarakat yang saat itu tinggal di daerah pegunungan.

Pada 100 gram buah alpukat terkandung berbagai macam nutrisi, seperti lemak, karbohidrat, abu, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, seng, beta karoten, vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin, dan juga vitamin C.

Selain itu, buah alpukat juga mengandung gizi yang penting untuk kesehatan kita, yakni folat. Di dalam 100 gram buah alpukat terdapat setidaknya 81 mcg folat.

Buah alpukat juga kaya akan antioksidan seperti lutein. Dan di dalam 100 gram alpukat terdapat sekurang-kurangnya 271 mcg lutein.

Manfaat buah alpukat

cara membuat es krim pop ice lembut banget

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat yang pertama ini sudah bukan menjadi rahasia lagi. Kadar lemak tidak jenuh yang tinggi pada buah alpukat bisa mengurangi kolesterol darah pada tubuh.

Dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic menunjukkan bahwa dengan menambahkan buah alpukat ke dalam menu makan kita, bisa membantu memperbaiki kadar kolesterol jahat atau LDL pada orang yang memiliki kelebihan berat badan.

Dengan memiliki kadar kolesterol tubuh yang terjaga dengan baik, maka akan secara otomatis menjauhkan kita dari risiko terkna penyakit jantung.

2. Menurunkan risiko gangguan metabolik

Dari sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Nutrition Journal mengatakan bahwa buah alpukat mempunyai manfaat untuk menunrunkan risiko sindrom metabolik.

Sindrom metabolik adalah segala hal yang mampu meningkatkan risiko terkena gangguan kesehatan, mulai dari stroke, penyakit artei, diabetes, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja kandungan lemak tak jenuh dalam bauah alpukat juga dipercaya bisa membantu menghentikan resistensi insulin dan mengontol kadar gula darah.

3. Mencegah cacat lahir pada janin

Buah alpukat mengandung folat yang penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selama masa kehamilan, kebutuhan folat pada ibu hamil akan meningkat untuk mendukung pembentukan sel dan juga jaringan baru pada janin.

Dikutip dari jurnal Nutrients, folat merupakan nutrisi yang paling dikenal bisa mencegah bayi terlahir cacat, seperti mengalami spina bifida dan cacat tabung saraf. Oleh karena itu peneliti mengatakan bahwa buah alpukat merupakan suntikan nutrisi yang cocok untuk ibu hamil.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat yang selanjutnya yaitu bahwasanya buah alpukat baik untuk menjaga kesehatan pencernaaan. Buah ini bisa membantu kita buang air besar secara teratur dan berkala.

Artikel dalam Johns Hopkins Medicine menyebutkan bahwa buah alpukat merupakan makanan super yang mengandung serat dan nutrisi penting untuk mengoptimalkan fungsi pencernaan. Buah alpukat juga merupakan makanan yang rendah fruktosa. Sehingga, buah alpukat tidak berisiko menyebabkan penumpukan gas dan aman untuk lambung.

5. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat alpukat untuk kecantikan datang dari kandungan vitamin C dan vitamin E yang ada di alamnya dan sudah terbukti baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan vitamin E berperan penting untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh matahari dan lingkungan lainnya.

Dari hasil sebuah penelitian yang dipublikasikan di Archives of Dermatological Research menyebutkan bahwa buah alpukat juga mengandung senyawa yang bisa membantu kulit kita dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari.

6. Menjaga kesehatan mata

Manfaat yang selanjutnya datang dari kandungan antioksidan lutein dan juga zeaxanthin yang terdapat pada alpukat. Dikutip dari jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science, kedua senyawa ini sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan mata.

Dengan mengonsumsi buah alpukat secara rutin pun maka bisa membantu kita untuk mengurangi risiko terkena gangguan penglihatan di usia tua.

Dari hasil penelitian yang disebutkan dalam jurnal di atas menyatakan bahwa lutein dan zeaxanthin bisa mencegah mengalami katarak dan juga degenerasi makula.

Resep Cara Membuat Es Krim Pop Ice Lembut Banget

cara membuat es krim pop ice lembut banget

Bahan-bahan

  • 2 sachet susu kental manis
  • 3 sachet susu bubuk
  • 10 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 500 ml air
  • 2 sdm tepung maizena
  • 3 sachet pop ice rasa alpukat
  • Pewarna makanan hijau
  • 1 sdm SP

Cara membuat

  1. Pertama-tama campurkan susu kental manis, susu bubuk, gula pasir, garam, dan juga air ke dalam wadah kemudian aduk sampai merata dan masak dengan api kecil atau sedang sampai campuran mendidih. Dan jangan lupa untuk terus diaduk supaya tidak ada yang menggumpal.
  2. Sesaat sebelum adonan mendidih masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan segelas air. Dan aduk adonan kembali sampai mendidih.
  3. Setelah adonan mendidih, tuangkan ke dalam wadah dan tunggu sampai adonan dingin pada sushu ruangan, setelah itu baru dimasukkan ke dala freezer sampai benar benar beku selama kurang lebih 6-8 jam atau juga bisa semalaman.
  4. Jika adonan sudah membeku kemudian keluarkan dai freezer dan keruk adonan dengan menggunakan sendok atau garpu, dan masukkan ke dalam wadah yang lebih besar untuk persiapan di mixer.
  5. Setelah semua adonan di keruk kemudian masukkan pop ice dan juga SP, lalu mixer dengan kecepatan tinggi supaya es krim bisa mengembang dengan sempurna dan menghsilkan tekstur yang pas. Mixer adonn selama kurang lebih 15-30 menit. (Jika dirasa warna pada adonan masih pucat bisa ditambahkan pewarna makanan).
  6. Dan jika adonan sudah mengembang, lalu masukkan ke dalam wadah.
  7. Kemudian masukkan kembali ke dalam freezer sampai benar-benar membeku selama kurang lebih 7 jam. Anda juga bisa mengguanak mesin es krim supaya lebih hemat waktu dan juga tenaga jika hendak dijadikan sebaga ide untuk usaha.

Mudah bukan?

Nah itu tadi teman-teman pembahasan kita pada kesempatan kali ini yaitu resep cara membuat es krim pop ice lembut banget. Resepp tersebut juga bisa dijadikan untuk ide jualan.

Diatas juga sudah saya paparkan sedikit mengenai kandungan nutrisi dan juga manfaat yang terkandung pada buah alpukat yang mungkin belum anda tahu. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *