Cara Untuk Mengatasi Sampah Plastik

Cara Untuk Mengatasi Sampah Plastik yang Mudah Anda Lakukan

Sampah plastik merupakan sampah yang sulit untuk terurai bukan?.Nah,maka dari itu cobalah untuk mengatasi/mengurangi penggunaan plastik.berikut ini cara untuk mengatasi sampah plastik.sebelum ke caranya simak baik-baik pengertian sampah plastik berikut.

Pengertian Sampah Plastik

Sampah plastik adalah semua barang bekas atau tidak terpakai yang bahannya dihasilkan dari bahan kimia yang tidak dapat diperbaharui. Sebagian besar sampah plastik yang digunakan sehari-hari biasanya digunakan untuk kemasan. Dalam praktiknya, kantong plastik masih sering digunakan sebagai tempat sampah organik yang dibuang ke tempat pembuangan akhir.

Cara Mengatasi Sampah Plastik

Saat ini,banyak orang juga sudah mulai mengurangi penggunaan peralatan sekali pakai. Langkah kecil yang mulai ia lakukan secara rutin menggunakan bahan organik yang mudah terurai. Tidak hanya untuk mengurangi sampah plastik, orang biasa membawa peralatan makan yang terbuat dari baja atau kayu, terutama saat wabah.

Beberapa kebiasaan kecil ini bisa mengurangi kemungkinan sampah plastik semakin banyak, dan berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menangani sampah plastik:

1.Cara Untuk Mengatasi Sampah Plastik-Biasakan memasak di rumah

Di era digital semua bisa dilakukan dengan lebih mudah. Salah satunya adalah membeli makanan siap saji. Namun, tahukah Anda bahwa setiap pembelian makanan yang dikemas dalam plastik akan menjadi sampah? Nah, jika sudah terbiasa memasak di rumah, sampah bisa berkurang.

2.Cara Untuk Mengatasi Sampah Plastik-Bawa tas belanja saat bepergian

Hal ini mungkin sudah banyak dilakukan ketika Anda berniat berbelanja di supermarket atau toserba. Nah, pastikan untuk membawa tas belanja saat Anda bepergian. Beberapa tempat sama sekali tidak menyediakan kantong plastik lho. Bahkan jika Anda tidak berniat untuk berbelanja, setidaknya Anda bisa melakukannya untuk berjaga-jaga. Tentu menjengkelkan jika harus membawa barang-barang atau memasukkannya ke dalam tas, bukan?

3.Cara Untuk Mengatasi Sampah Plastik-Ganti penggunaan tisu basah dengan kain

Untuk membuat pembersihan permukaan barang di rumah lebih praktis, banyak orang menawarkan tisu basah. Lebih mudah, tapi tisu basah sebenarnya mengandung resin plastik yang sulit larut dalam air, lho! Oleh karena itu, akan lebih bijaksana untuk mengganti tisu basah dengan kain lembab.

4.Gunakan kertas pembungkus

Setiap toko memiliki cara yang berbeda dalam mengemas barang dagangannya.Ada beberapa toko pakaian yang menggunakan plastik untuk membungkus barang dagangannya, namun ada juga toko yang menggunakan kantong kertas.

Sebaiknya anda mulai berbelanja di toko yang menggunakan paper bag sebagai pembungkusnya.karena kantong kertas tentu lebih mudah terdegradasi, sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan kantong plastik.

5.Berhenti menggunakan sedotan plastik

Sedotan plastik adalah hal kecil yang paling umum.Bahkan pemakaiannya hanya beberapa menit dan langsung dibuang.

Sedotan plastik ini sering menimbulkan masalah saat dibuang ke laut.Untuk menguranginya, Anda bisa membawa sedotan sendiri dari bahan lain.

Saat ini banyak sekali jenis sedotan selain dari bahan plastik seperti sedotan aluminium, bambu atau kertas. Ketiga jenis sedotan tersebut lebih ramah lingkungan untuk digunakan, bahkan sedotan bambu dan aluminium dapat digunakan lebih dari satu kali.

6.Gunakan botol isi ulang

Salah satu cara untuk mengurangi jumlah sampah plastik adalah dengan menggunakan botol isi ulang.

Anda bisa membawa botol minum sendiri saat melakukan aktivitas di luar ruangan.Dengan cara ini, Anda akan mengurangi penggunaan kemasan plastik.

Anda juga dapat membawa botol minum kosong saat bepergian.Termos akan berguna saat Anda ingin membeli minuman yang dijual di bar.

Baca Juga: Cara Penanganan Limbah Plastik yang Baik dan Benar

Nah,dari cara untuk mengatasi sampah plastik diatas dapat anda coba di kehidupan sehari-hari anda sebagai cara menyelamatkan lingkungan dari pencemaran sampah plastik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *