cara membuat keripik nangka tanpa kapur sirih

Cara Membuat Keripik Nangka Tanpa Kapur Sirih yang Mudah

pada artikel kali ini, saya akan membagikan resep lagi yaitu cara membuat keripik nangka tanpa kapur sirih yang mudah dan tentunya enak yang bisa anda coba untuk membuatnya sendiri di rumah saat waktu senggang.

Keripik Nangka

Keripik Jackfrey adalah keripik yang diolah oleh Jackfrey dan digoreng dengan cara khusus, biasanya menggunakan vacuum frying.

Jika menggunakan cara penggorengan biasa yaitu menggunakan penggorengan/wajan, nangka tidak akan berubah menjadi keripik karena buah akan rusak karena kepanasan.

Dengan menggunakan penggorengan vakum, jacquard digoreng pada suhu yang lebih rendah sekitar 50°-60 derajat Celcius agar tidak merusak jacquard.

Selain itu, aroma dan warnanya tidak banyak berubah dan dapat bertahan lama meskipun tanpa menggunakan bahan pengawet tambahan.

Manfaat Keripik Nangka

1. Mencegah kerusakan sel


Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, keripik nangka juga mampu mencegah kerusakan sel. Kandungan dalam makanan ini dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh sehingga dapat mencegah risiko kerusakan sel-sel dalam tubuh. Oleh karena itu, mulailah mengkonsumsi makanan ini.

2. Menjaga kesehatan otak


Otak adalah struktur pusat yang mengatur sebagian besar fungsi tubuh. Untuk menjaga kesehatan otak bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi keripik nangka. Kandungan asam folat di dalamnya sangat baik untuk menjaga fungsi dan kesehatan otak.

3. Mencegah anemia


Anemia atau kurang darah dapat dicegah dengan banyak mengkonsumsi keripik nangka. Kandungan zat besinya bermanfaat untuk membentuk sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia.

4. Menjaga kesehatan darah


Darah adalah cairan yang digunakan untuk mensuplai zat dan oksigen yang dibutuhkan jaringan tubuh. Untuk menjaga kesehatan darah, Anda bisa banyak mengonsumsi keripik nangka. Kandungan zat besi di dalamnya terbukti menjaga kesehatan darah.

5. Menjaga kesehatan jantung


Organ jantung sangat penting bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi chip jackpot yang ketat dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin B6-nya diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung agar terhindar dari risiko penyakit jantung.

6. Mencegah hipertensi


Jika Anda salah satu yang menderita penyakit darah tinggi atau darah tinggi maka Anda bisa mengkonsumsi keripik jacquard. Kandungan potasiumnya dapat membantu mengontrol tekanan darah sehingga Anda dapat terhindar dari risiko tekanan darah tinggi.

7. Perut sehat


Lambung berfungsi untuk menyimpan makanan. Untuk menyehatkan perut bisa dilakukan dengan mengkonsumsi keripik nangka. Hal ini karena kandungan seratnya dapat menjaga kesehatan lambung sehingga makanan ini baik untuk dikonsumsi.

8. Menjaga kesehatan kulit


Keripik jeffrey juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin B2 di dalamnya sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit sehingga dapat terhindar dari risiko kerusakan atau iritasi pada kulit.

Baca juga : “Cara Menggoreng Sale Pisang Agar Renyah”

Resep atau cara membuat keripik nangka tanpa kapur sirih

cara membuat keripik nangka tanpa kapur sirih sebenarnya sangat mudah, berikut ini tata caranya :

1. cara membuat keripik nangka tanpa kapur sirih

Bahan-bahan :

  • 300 gram nangka muda, iris tipis.
  • 200 gram tepung beras.
  • 4 sendok makan tepung sagu.
  • 200 mililiter air putih.
  • Minyak sayur untuk menggoreng.

Bumbu :

  • Garam secukupnya.
  • Kunyit seukuran 0,5 sentimeter.
  • Lada putih bubuk secukupnya.
  • 0,5 sendok teh kaldu bubuk instan.

Langkah-langkah :

  1. Haluskan bumbu yang sudah disiapkan.
  2. Larutkan dengan air putih.
  3. Tambahkan tepung beras dan tepung sagu, aduk sampai licin.
  4. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
  5. Celupkan irisan nangka muda ke dalam adonan tepung, angkat, masukkan ke dalam minyak sayur panas. Goreng sambil dibolak-balik sampai matang, kering, dan berwarna cokelat keemasan, angkat, tiriskan.

Baca juga : “Cara Membuat Keripik Nangka Sederhana”

2. cara membuat keripik nangka tanpa kapur sirih

Bahan-bahan :

  • Buah Nangka Segar, Tidak Terlalu Matang 1 Kg
  • Air 1½ Liter
  • Garam 75 Gram
  • Gula Pasir 150 Gram
  • Minyak Goreng 2 Liter

Langkah-langkah :

  1. Kupas buah nangka dan bersihkan kulit beserta  jeraminya, belah daging buah, buang bijinya lalu potong ujung-ujungnya.
  2. Cuci bersih buah nangka kemudian tiriskan.
  3. Untuk mendapatkan hasil yang mengembang sebaiknya buah yang telah dicuci dijemur dulu .
  4. Kemudian Masukkan ke dalam mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90° Celcius.
  5. Goreng hingga matang dan buih pada minyak semakin mengecil atau berkurang. Angkat dan tiriskan hingga tidak ada minyak sama sekali, agar keripik nangka tidak mudah tengik.
  6. Keripik siap disajikan

Nah itulah tadi resep atau cara membuat keripik nangka tanpa kapur sirih yang dapat saya bagikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *