Cocomesh Solusi Pencegah Erosi

Cocomesh Solusi Pencegah Erosi yang Mudah digunakan

Selamat datang di artikel buatan saya, pada artikel kali ini saya akan memberitahukan lagi salah satu kegunaan cocomesh yaitu Cocomesh Solusi Pencegah Erosi yang tentunya mudah untuk anda gunakan, serta kelebihan dan kekurangan yang ada pada cocomesh ini.

Cocomesh

Cocomesh Coconut Coir Net untuk Reklamasi Artikel ini berusaha memberikan gambaran solusi sederhana untuk masalah pengolahan pascatambang atau yang sering disebut reklamasi X-tambang.

Dikatakan solusi sederhana karena menggunakan kapasitas lokal di sektor pertambangan atau material yang banyak tersedia di Indonesia. Bahannya cokomesh atau jaring sabut kelapa.

Cocomesh adalah jaring berbahan sabut kelapa yang sangat baik dalam membantu proses reklamasi tambang, pantai atau hutan. Sifatnya yang biodegradable dan kuat membantu memfasilitasi pertumbuhan tanaman baru di area Kokomesh yang telah ditempatkan di lahan pra-tambang.

Penggunaan cokomesh telah terbukti mampu menciptakan kembali area bekas tambang, atau hutan gundul. Banyak perusahaan konsultan hijau pra-penambangan sudah mulai beralih ke bahan-bahan alami.

Sifat bahan cocomesh yang terbuat dari sabut kelapa yang mampu menyimpan air dalam waktu lama menyebabkan permukaan tanah yang tertutup bahan ini dapat menahan kelembapan.

Ia mampu mempengaruhi struktur tanah sehingga lebih mudah ditanam dengan biji atau biji, selain itu juga memiliki cocomesh sebagai pengganti tanah saat menanam benih atau bibit tanaman.

Keunggulan bahan cocomesh ini adalah tahan lama, menurut sumber ini dapat bertahan sekitar 4 tahun atau lebih, sehingga bahan tersebut dapat tumbuh pada masa pertumbuhan vegetatif baru.

Mengingat sifat elastis dari material ini, maka penggunaan material kokomesh sangat cocok untuk lereng atau tanah berbatu. Contoh implisitnya adalah di kawasan bekas tambang Freeport.

Kegunaan Cocomesh Solusi Pencegah Erosi

Areal pratambang yang tersebar di seluruh daerah penghasil tambang terlihat sangat mengintimidasi. Kerusakan yang disebabkan oleh hal ini kemungkinan termasuk tanah longsor, erosi, erosi air tanah dan bahkan banjir.

Hal ini banyak terjadi di daerah seperti Pulau Belitong, Beiro dan tempat lainnya. Contoh konkrit seperti Kalimantan kini menjadi langganan banjir saat musim hujan tiba.

Kerusakan alam yang harus dilakukan ini membutuhkan penanganan serius dari semua pemangku kepentingan, terutama para pengelola tambang. Mereka perlu merebut kembali lahan bekas tambang.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk reklamasi lahan bekas tambang, seperti reklamasi lahan, atau mengubah luas lahan untuk pekerjaan produktif seperti perikanan dll.

Penanaman kembali atau reboisasi adalah cara terbaik untuk mengurangi kerusakan. Namun, langkah penting telah diambil sebelum proses deforestasi, yaitu penanaman lahan dengan cokomesh.

Kokomesh adalah jaring yang terbuat dari sabut kelapa. Biasanya dibangun seperti bentuk jaring bola voli atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan lapangan.

Penggunaan Kokomesh terbukti efektif dalam mencegah tanah longsor atau banjir. Dengan mematok ujungnya, cokomesh direntangkan ke area pra-tambang. Pemasangannya disesuaikan dengan komposisi tanah.

Itu bisa ditekuk, atau diletakkan rata. Pemasangan biasanya dilakukan dalam 2 lapisan.Penggunaan Kokomesh ini terbukti efektif dalam mencegah banjir, longsor, seperti yang telah dilakukan.

Keunggulan lain dari cocomesh ini adalah ketika cocomesh diperbanyak, sangat mudah untuk melonggarkan media tanah yang sudah ditambang, sehingga bisa disebut sebagai media tanam yang baik.

(Mungkin dari salah satu pembaca ada yang sedang mencari cocomesh yang berkualitas, anda dapat menemukanya di Rumah sabut, pada Rumah sabut juga terdapat berbagai macam alat lainya yang dapat memudahkan pekerjaan anda.)

Keuntungan jika anda memakai cocomesh

  • Tahan lama, dapat bertahan sekitar 5 tahun atau lebih, sehingga bahan dapat tumbuh sementara vegetasi baru tumbuh.
  • Mengingat sifat elastis bahan ini, kokomesh sangat cocok untuk tanah miring atau lunak. Contoh yang sudah diambil adalah di kawasan bekas tambang Freeport.
  • Murni 100% bio-degradable dan ramah lingkungan.
  • Anti atau tahan terhadap jamur dan busuk.
  • Dapat memberikan isolasi yang baik untuk suhu dan angin
  • tidak mudah terbakar.

Nah itudia manfaat dan keuntungan yang dimiliki cocomesh, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *