Tips Cuti Menyenangkan Selama di Rumah Aja

Tidak sedikit dari kita yang memandang sebelah mata kegiatan cuti ketika sedang pandemi. Akibat terbiasa dengan budaya work from home alias kerja di rumah, artikel seputar karir dan hiburan dianggap perlu berfokus pada pengembangan karir saja. Padahal, ada banyak pilihan aktivitas menyenangkan yang bisa kita lakukan di rumah, termasuk ketika kita cuti. Jadi, sekalipun terlihat sama, work from home dan cuti di rumah tentu memiliki perbedaan yang signifikan. Maka dari itu, untuk membuat cuti yang dilakukan di rumah saja menjadi tetap menyenangkan, cobalah untuk melakukan tips cuti menyenangkan dibawah ini!

tips cuti menyenangkan

1. Mengambil cuti pada hari Senin atau Jumat

Untuk membuat liburan di rumah menjadi menyenangkan, kita juga perlu mengambil long weekend. Jadi, cobalah untuk mengambil cuti di hari Jumat atau hari Senin akhir waktu akhir pekan menjadi lebih panjang. Hal ini akan membuat kita memiliki jeda waktu lebih banyak dari pekerjaan. Long weekend ini kemudian bisa kita manfaatkan untuk memberikan ketenangan mental sekaligus melakukan hal menyenangkan yang akan membuat pikiran kita menjadi kembali segar.

2. Merapikan kamar sebelum cuti

Sebelum kita cuti, kita pada dasarnya juga perlu melakukan persiapan. Maka dari itu, pastikan untuk menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan selama masa cuti nanti. Maka dari itu, jika biasanya kita membersihkan kamar setiap hari, maka cobalah membersihkan kamar sebelum cuti dimulai. Hal ini akan membuat kita menjadi lebih nyaman. Ketika kita membiarkan diri kita menjadi lebih nyaman, secara tidak langsung kita juga sudah menerapkan self love dalam diri kita.

3. Merencanakan aktivitas yang akan dilakukan di rumah

Apa saja hal yang akan kita lakukan selama kita cuti? Pada dasarnya, ada berbagai pilihan yang bisa kita lakukan, mulai dari berbelanja bahan makanan sehari-hari atau melakukan movie marathon sambil seharian rebahan di rumah. Untuk itu, siapkan dulu apa saja kegiatan yang ingin kita lakukan secara bebas dan puas. Dengan begitu, kita sudah bisa belajar untuk memanfaatkan waktu seefektif mungkin untuk menikmati waktu luang kita. Dan pastinya, hal ini juga akan membuat kita bahagia karena wishlist kita sudah terpenuhi.

4. Menyiapkan budget untuk memesan makanan

Meskipun kita berlibur di rumah, kita tetap perlu menyiapkan anggaran. Hal ini penting agar kita bisa melakukan hiburan tanpa membuat kantong kita bolong. Maka dari itu, liat dulu berapa jumlah anggaran yang bisa kita alokasikan sebelum kita cuti. Kemudian, anggaran tersebut bisa kita gunakan untuk memesan makanan selama kita cuti.

5. Menikmati makanan secara rileks

Apabila biasanya kita makan secara tidak tenang dan tidak teratur selama WFH, apalagi jika kita makan di luar jam istirahat, maka cuti di rumah inilah yang menjadi kesempatan kita untuk mulai menikmati makanan secara rileks. Hal ini akan membuat kita menjadi semakin rileks dan sadar sehingga kita menjadi lebih bersyukur terhadap hal-hal yang kita miliki, termasuk juga makanan yang kita santap.

6. Menikmati waktu ala orang Spanyol

Pernahkah kamu mendengar istilah siesta? Siesta merupakan cara bersantai di siang hari yang biasa dilakukan oleh Orang Spanyol. Ketika kita ingin melakukan siesta, kita akan tidur siang selama 15-30 menit. Durani ini memang cukup singkat, tetapi efektif untuk menjaga pola tidur kita agar tidak insomnia di malam hari. Selain meningkatkan produktivitas, tidur siang juga dapat meningkatkan mood kita loh.

One comment

  1. buybacklink.Splashthat.com

    Tips Cuti Menyenangkan Selama di Rumah Aja – Challenging Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *