8 Fakta Unik Seputar One Piece

Tidak dapat disangkal bahwa One Piece adalah salah satu manga dan anime tersukses di Jepang. Tidak hanya di China, kisah petualangan seorang bajak laut bernama Monkey D Luffy bahkan memiliki basis penggemar yang sangat besar di dunia termasuk Indonesia.

8 Fakta Unik Seputar One Piece

Hingga saat ini manga dan animasi masih terus berlanjut, meski jumlahnya sudah mencapai ratusan, sepertinya belum ada tanda-tanda akan berakhir. Selain cerita utama, banyak juga film independen atau spin-off yang sukses dari manga One Piece.

Fakta dari One Piece

Nah, setelah ratusan chapter dan episode ditayangkan selama puluhan tahun, One Piece punya banyak fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui para penggemarnya.

1. One Piece sudah 80%

Pertama kali dirilis pada tahun 1997. Dalam 22 tahun terakhir, sebuah karya memiliki 18 musim animasi, 14 film layar lebar, dan 12 episode khusus. Mungkin terbersit dalam pikiran Anda “Kapan One Piece akan tamat?”.

Eiichiro Oda mengungkapkan dalam sebuah wawancara pada Juli 2018 bahwa One Piece telah menjalankan 80%. Artinya, sebentar lagi kita akan tahu bahwa petualangan kelompok bajak laut favorit kita akan segera berakhir.

2. Kontrak Berdurasi 5 Tahun

Padahal, kontrak serial hanya memiliki umur 20 tahun. Namun, cerita ini terus berkembang karena penciptaan Shichibukai (Penguasa Tujuh Laut). Padahal, seharusnya manga itu hanya berumur lima tahun. 

Menurut Oda-sensei, “One Piece” seharusnya bercerita tentang petualangan Luffy dengan Yonkou. Komiknya harus lebih ringan dan lebih menarik. Tetapi ketika dia mendapatkan ide Shichibukai, idenya tumbuh dengan liar. Meski demikian, Oda-sensei tidak menyesal dengan keputusan yang ia buat.

3. Mendapat Guinness World

Pada Juni 2015, One Piece mencetak rekor komik yang paling banyak dicetak dalam sejarah. Sampai Juni 2015, 320.866.000 eksemplar komik telah terjual. Jumlahnya sangat mencengangkan, dan sepertinya tidak ada persaingan dalam waktu dekat.

4. Beberapa Seiyuu-nya ada yang sudah Meninggal

Karena manga dan animasinya yang panjang, beberapa pengisi suara dari karakter tersebut telah meninggal dunia. Beberapa di antaranya adalah Sogabe Kazuyuki (Benn Beckman dan Silvers Rayleigh), Gouri Daisuke Gori (Jinbei, Dorry), Anoshi Takeshi (Mihawk), Takakou Ishimori (Sengoku), Ginzou Matsuo (Smoker), dan lainnya.

5. Pendapatan Eiichiro Oda

Berapa penghasilan Eiichiro Oda dari penjualan manga, distribusi film fitur, program spesial, dan berbagai merchandise? Oda-sensei menerima USD 26 juta per tahun. Menurut nilai tukar saat ini, Oda bisa memperoleh Rp. 360 miliar per tahun. Sekadar perbandingan, penulis terkenal seperti Jeff Kinney (“Diary of Kin’s Weak Child”), Jack Rowling (Harry Potter), Stephen King, dan beberapa penulis lain tidak mendapatkan uang hingga 20 juta dolar AS.

6. Karakter Sanji Terinspirasi dari Mr. Pink

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Oda-sensei mengandung banyak referensi dunia nyata dalam komiknya. Namun, ada juga karakter yang diangkat dari cerita fiksi. Namun, ada juga karakter yang diangkat dari cerita fiksi. Salah satunya adalah chef favorit kapten Bajak Laut Topi Jerami: Sanji.

Peran Sanji didasarkan pada karakter dalam film Quentin Tarantino “Reservoir Dog”. Perannya adalah Tn. Pink yang diperankan oleh Steve Buscemi. Sanji berencana untuk diberi nama Naruto. Namun, setelah Oda Xinyi mengetahui manga dan anime Naruto, ia langsung mengganti namanya menjadi Sanji.

7. Enel adalah eminem

Anda ingat Enel, kan? Karakter yang mengaku sebagai Dewa Petir ini adalah pemakan Goro-goro no Mi. Buah iblis tipe Logia ini memberinya kekuatan petir. Namun, dia mungkin tidak bisa dibandingkan dengan Luffy.

Nah, tahukah Anda kalau visual efek dari karakter ini didasarkan pada rapper legendaris Eminem, yang bernama asli Marshall Mathers? Apakah itu mirip? Nama Enel berasal dari nama sebuah perusahaan listrik Italia.

8. Sensor yang Ketat

Ketika karakter Ace pertama kali muncul di manga, dia memiliki tato lambang Bajak Laut Shirohige di punggungnya. Awalnya emblem berupa sosok Manji dan logo tengkorak berkumis panjang. 

Akan tetapi, Eiichiro Oda dipaksa untuk mengubah desain awal tersebut. Pasalnya, karakter Manji terlihat seperti simbol swastika terbalik. Selama ini, One Piece menjadi populer di berbagai negara. Untuk menghindari kontroversi, Oda-sensei mengikuti saran penerbitnya dan mengubah lambang Shirohige menjadi salib.

Itu dia beberapa fakta unik dan menarik seputar manga One Piece yang kini sudah berusia lebih dari 22 tahun. Buat Anda para penggemar mangan satu ini, fakta manakah yang baru Anda ketahui?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *