Kenali Jenis-jenis Palet dan Kegunaannya, Simak Berikut Ini

Kenali Jenis-jenis Palet dan Kegunaannya, Simak Berikut Ini

Pallet merupakan wadah yang digunakan sebagai alas untuk menampung barang saat pengiriman. Pallet memiliki peran penting dalam dunia pengiriman atau ekspedisi. Pallet berguna untuk mengatur posisi barang agar lebih rapi dan terorganisir dengan rapi. Dengan adanya pallet, pengiriman barang menjadi lebih efektif dan efisien. Dalam proses bongkar muat, pallet memiliki peran penting dalam memudahkan proses tersebut. Dalam dunia industri, ada beberapa jenis pallet yang bisa kita ketahui.

Jenis-jenis Pallet Berdasarkan Bahan Material Pembuat

1. Pallet Kayu

Merupakan jenis pallet yang ada sejak lama, bahkan sebelum adanya pallet jenis lain, pallet kayu bahkan sudah eksis. Pasaran pallet kayu telah menjadi primadona di Indonesia. Kebanyakan produsen pallet yang ada di Indonesia lebih banyak membuat pallet kayu dari pada pallet jenis lain. Sebab pallet kayu lebih mudah untuk dibuat dan bahan bakunya juga mudah ditemukan di alam. Biasanya pallet jenis kayu terbuat dari kayu jati atau kayu mahoni yang memiliki batang kokoh. Namun, penggunaan kayu lain juga tidak menutup kemungkinan dalam pembuatan pallet ini.

2. Pallet Plastik (plastic pallet)

Merupakan jenis pallet plastik atau plastic pallet yang diproduksi oleh pabrik plastik serta bentuk dan ukurannya menyesuaikan dengan cetakan pabrik. Jenis pallet yang terbuat dari plastik memiliki kelebihan yang lebih awet dan tidak mudah rusak akibat keadaan cuaca yang ekstrim dan tidak menentu. Jenis pallet plastik atau plastic pallet biasanya lebih sering digunakan untuk mengangkut jenis barang makanan dan minuman. Pallet ini terbuat dari bahan plastik yang kuat dengan desain yang ergonomis. 

3. Pallet Kardus

Merupakan pallet yang terbuat dari kardus. Pallet jenis ini memiliki keunggulan dalam menampung beban yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis pallet lainnya. Biasa dikenal dengan istilah pallet karton, cartoon pallet, pallet kertas, ataupun corrugated pallet.

Pallet kardus sendiri menggunakan bahan yang lebih kuat dari pada jenis kardus pada umumnya. Pallet berbahan ini dinilai sebagai alternatif utama pengganti pallet berbahan dasar kayu karena lebih ramah lingkungan dan memiliki bobot yang ringan. Pallet kardus lebih banyak digunakan untuk mendistribusikan barang dari gudang.

Untuk perusahaan yang memproduksi barang-barang berat biasanya lebih sering menggunakan pallet kardus ini. Pallet berbahan kardus dinilai sebagai jenis pallet yang sangat ramah terhadap lingkungan. Sebab, sehabis penggunannya maka bisa dilakukan daur ulang. Namun penggunaan pallet jenis ini masih jarang di Indonesia. Alasan banyak perusahaan dunia lebih memilih penggunaan pallet ini, yaitu :

  1. Bisa menghemat waktu
  2. Bisa menghemat biaya
  3. Mempercepat proses handling pada saat loading atau unloading barang atau pun produk ke truk pengangkut ataupun ke tempat lain.

4. Pallet Logam

Merupakan pallet yang terbuat dari logam. Penggunaan logam pada pallet ini menjadikan pallet ini lebih kuat dari jenis pallet yang lain. Bahan yang digunakan untuk membuat pallet logam ini biasanya berupa baja. Sehingga memiliki keunggulan tahan karat karena adanya elektro-galvanis atau lapisan daya dan juga bisa tahan terhadap api. Pallet logam sangat cocok digunakan berbagai jenis pabrik dan pusat distribusi lainnya. Pembuatan pallet logam terbilang lebih mahal dalam biaya produksinya dari pada pallet jenis lain. Pallet logam terbilang masih jarang digunakan di Indonesia. Sebab, biayanya yang dinilai kurang efisien dalam dunia ekspedisi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *