Mengenal Lebih Dekat Tentang Fungsi Guiding Block

Fungsi Guiding Block – Untuk disabilitas untuk bisa berjalan dengan aman dan nyaman di area-area yang ramai pastinya membutuhkan pemandu spesial yang menunjang dan membantu aktifitas mereka. Contohnya jalan untuk disabilitas yang kerap kita kenal dengan nama Guiding block.

Guiding block merupakan alat penopang yang digunakan untuk menolong memandu orang buta (Tunanetra) menemukan jalan yang benar dan aman supaya dapat terjaga dari keadaan berbahaya atau yang tidak diinginkan lainnya.

Guiding block berbentuk ubin keramik yang diatasnya disertai permukaan bertekstur berpola yang memiliki makna dan fungsi untuk dapat memandu para Tunanetra. Pola pada paving guiding block dapat dibedakan menjadi dua pola, yaitu guiding block atau tactile paving guiding block dengan pola garis-garis lurus dan bulatan-bulatan kecil.

Guiding block dengan mempunyai bentuk pola titik-titik bulat yang disebut dengan Tactile Guiding Block Spot yang memiliki fungsi dan makna “BERHENTI”. Bentuk pola ini berfungsi untuk menjadi pemandu pada jalan orang buta disabilitas agar menyadari pada tempat mana mereka harus berhenti melangkah atau terdapat peringatan mengenai perubahan keadaan jalan.

Guiding block dengan bentuk pola berupa garis-garis lurus yang dikenal dengan Line Type yang memiliki makna “BOLEH BERJALAN”, Pola ini memberikan tanda kepada para disabilitas bahwa tetap bisa berjalan di jalur guiding block tersebut, dan karena itulah mereka berada pada jalur yang aman dan tepat.

Guiding block ini seringnya diterapkan di jalur fasilitas umum, contohnya saja di jalur Bank, Stasiun,Terminal, dan tempat-tempat lainnya. Pada wilayah di luar gedung pun juga sudah banyak yang diterapkan guiding block atau tactile paving guiding block.

Untuk area luar ruangan mungkin kita akan terkadang menjumpai Paving guiding block ini pada taman, trotoar, area sekitar tangga, dan sebagainya.

Pemasangan guiding block ini biasanya diterapkan dengan cara berjajar rapi memanjang mengikuti jalan. Untuk jalan yang dipasangi paving guiding block ini biasanya pada jalan menuju tangga, jalan yang mempertemukan antara gedung dan jalan, jalan ramai kendaraan, dan yang lainnya.

Guiding block atau tactile paving guiding block ini di banyak negara yang sudah mengharuskan untuk melakukan pemasangan guiding  block, selain berfungsi untuk memandu penyandang penyandang disabilitas, pemasangan guiding block atau tactile paving guiding block ini juga berfungsi untuk menunjang dan mempercantik tatanan kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *