Cara Kerja Beserta Jenis Flow Meter

Bagaimana langkah kerja flow meter? Sebelum membahasnya lebih jauh, tahukah Kamu apa itu flow meter?

flow mtr. ialah sebuah alat pengukuran yang umumnya dipakai untuk mengukur laju terhadap aliran fluida.

Dimana pergerakan jumlah aliran fluida bisa mengalir dalam saluran terbuka atau pipa tertutup layaknya sungai, channel ataupun parit.


Mengenal Flow Meter

Perkembangan fungsi dan fungsi pemasangan alat flow mtr. sendiri kini sudah mengikuti pertumbuhan dari teknologi terbaru. Flow mtr. berfungsi sebagai sebuah alat pemeriksaan untuk memonitor sekaligus bisa dikontrol dalam jarak jauh, kenakan perangkat android.

Sekarang ini, alat flow mtr. sendiri tidak hanya digunakan sebagai alat instrumen yang bisa memonitor saja namun terhitung dijadikan sebagai alat pencapaian efisiensi.

Semakin mahalnya harga pangan dan energi selagi ini, memaksa kalangan engineering untuk kenakan flow mtr. guna jalankan evaluasi terhadap borosnya pemanfaatan air, gas, dan lain-lain.

Adapun fluida yang terdapat terhadap flow mtr. ini bisa berjenis gas, solid, atau cairan.

Jenis liquid atau cairan berikut bisa saja berwujud lumpur, air laut, air PDAM, kecap, gula, limbah, syrup, susu,dan gula. Sementara fluida gar sendiri bisa berwujud LNG, LPG, oksigen, nitrogen, udara, dan lainnya.

Cara Kerja Flow Meter

Cara kerja flow mtr. memang banyak variasi tergantung dari tipe atau tipe flow mtr. itu sendiri. Namun hal paling penting yang wajib diperhatikan ialah tahu tipe fluida, temperatur, kepekatan fluida, working pressure, tingkat keasaman cairan, lingkunan yang berwujud explosion proof, sampai kebersihan fluida itu sendiri yang wajib diberitakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan tipe alat flow mtr. yang tepat.

Mass Flow Meter

Sebelum flow mtr. tipe ini diterapkan, umumnya perhitungan era di dalam aliran sering dihitung berdasarkan keluaran dari flow mtr. densimeter dan volumetrik.

Densitas diukur langsung, atau ditunaikan perhitungan melalui output dari pressure dan temperatur aliran. Adapun pengukuran massa terhadap aliran sendiri menurut volumetrik tak benar-benar akurat.

Dimana hal berikut diakibatkan oleh terdapatnya jalinan pergantian yang berlangsung pada temperatur dan pressure (tekanan) yang tidak cukup stabil sehingga memicu densitas jadi tidak pasti, oleh dikarenakan itu akurasinya diragukan.

Jenis flow mtr. ini berfungsi untuk tahu atau menghitung era dari aliran fluida yang dinamis sehingga lebih efisien dan akurat.

Adapun tipe mass flow mtr. terkenal ialah thermal dan coriolis mass flow meter. Pada tipe coriolis mass flow mtr. sendiri bisa dipakai untuk pengukuran aliran gas atau liquid dan punyai tingkat akurasi benar-benar baik sampai 0,1%. Sementara thermal mass flow mtr. itu sendiri umumnya diaplikasikan terhadap fluida gas bersih.


Jenis-Jenis Flow Meter Air

Flow mtr. yang sering diaplikasikan dalam industri untuk mengukur debit air ialah electormagnetic flow meter, ultrasonic flow meter, positive displacement flow meter, orifice flow meter, coriolis mass flow meter, thermal mass flw mter, paddlewheel flow meter, turbine flow meter, variable daerah flow meter, dan vortex flow meter.

Namun di sini Kami dapat mengulas beberapa jenisnya saja yang wajib Kamu pelajari, diantaranya :

Velocity Flow Meter

Cara kerja flow mtr. tipe ini umumnya mengfungsikan tehnik pengukuran kecepatan terhadap aliran yang umumnya dikalkulasikan cocok luas penampang terhadap jalur aliran untuk mendapatkan flow rate.

Adapun prinsip ini mengharuskan aliran punyai pembawaan laminer. Melalui karakteristik itulah dituntut tingkat kepadatan liquid, yang bermakna terhadap pipa berikut wajib terisi liquid sampai penuh.

Biasanya pembacaan velocity kenakan sensor untuk menghasilkan sinyal berdasarkan teknologi yang diaplikasikan selanjutnya diteruskan ke dalam converte atau transmitter.

Dari transmitter atau converter ini bisa dihasilkan sebuah perhitungan flow rate dan output yang lainnya berwujud knowledge dan arus.

Inferential Flow Meter

Jenis flow mtr. ini tak jalankan pengukuran massa, kecepatan, maupun volume, melainkan jalankan pengukuran aliran dengan langkah menyimpulkan nilainya berdasarkan parameter lain layaknya akibat perbedaan tekanan ataupun posisi terhadap luasan daerah terhadap sensor.

Differential Pressure Flow Meter

Prinsip dari DP flow mtr. atau Differential Pressure Flow Meter sendiri ditunaikan berdasarkan persamaan Bernoulli, di mana menguraikan jalinan yang berlangsung pada kecepatan dan tekanan dalam sebuah aliran fluida.

Jenis alat ini umumnya memandu aliran menuju sebuah penghalang aliran, karena itu memicu terjadinya pergantian kecepatan terhadap aliran sekaligus tekanan pada segi downstream dan upstream terhadap penghalang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *