Cara Membuat Manisan Pepaya Kering (Anti Gagal)

Manisan kering merupakan camilan yang unik dan enak. Biasanya bahan baku pembuatan manisan adalah buah-buahan. Pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan resep cara membuat manisan pepaya kering yang lezat dan segar. Mari kita baca sampai selesai..

Untuk memperpanjang umur simpan, buah dibuat menjadi manisan kering. Salah satu buah yang bisa dibuat menjadi manisan kering adalah pepaya. Selain diawetkan dengan gula,ternyata gula kering juga memiliki kandungan udara yang lebih rendah

cara membuat manisan pepaya kering

Pepaya merupakan buah yang hampir seluruh bagianya dapat digunakan dalam bentuk apapun. Bahkan daun pepaya juga bisa dijadikan lauk sayur. Manfaat pepaya bermacam-macam, bahkan untuk kecantikan dan kesehatan.

Ulasan kali ini akan membahas cara membuat manisan pepaya kering yang lezat dan segar. Anda bisa membuat manisan pepaya kering ini dirumah, karena cara pembuatannya mudah dan simple. Yuk simak sampai selesi yaa..

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering

cara membuat manisan pepaya kering enak

Baca Juga : Cara Membuat Manisan Pala Kering Resep Enak Sederhana

Bahan-bahan:
  • 1 buah pepaya muda atau setengah masak
  • 2 sendok makan garam
  • 750 gram gula pasir
  • 250 ml air
  • Larutan kapur sirih yang dibuat dari 2 liter air dan 1 sendok makan kapur sirih
Langkah- Langkah Cara membuat manisan pepaya kering:
  1. Langkah pertama adalah membersihkan buah pepaya dan memotongnya menjadi ukuran sedang.
  2. Cuci bersih semua buah pepaya dengan air di dalam wadah.
  3. Selanjutnya tambahkan garam dan masukkan potongan buah pepaya sambil diaduk rata.
  4. Tunggu sampai buah pepaya terlihat layu.
  5. Setelah itu cuci bersih pepaya dan tiriskan sebentar.
  6. Rendam pepaya dalam larutan kapur sirih selama kurang lebih 2 jam, cuci bersih dan tiriskan sebentar.
  7. Masukkan 250gr gula pada pepaya.
  8. Aduk hingga merata agar air di dalam pepaya yang keluar.
  9. Tunggu hingga 1 jam dan gula benar-benar terserap di dalam pepaya.
  10. Rebus sisa gula dengan sekitar 250ml udara, tunggu hingga mendidih.
  11. Taruh larutan gula di atas pepaya, lalu rendam selama satu malam.
  12. Kemudian pisahkan buah pepaya dan air rendamannya.
  13. Rebus air rendaman hingga bertekstur agak kental.
  14. Ulangi proses di atas setidaknya sekali lagi, untuk mendapatkan manisan pepaya kering yang nikmat.
  15. Kemudian jemur pepaya di bawah sinar matahari selama 2 hari, dan sampai kering. Atau dapat menggunakn oven mesin pengering makanan dengan suhu 60 -70 derajat Celcius selama 12 jam.
  16. Angkat manisan pepaya kering dan sajikan dalam wadah.

7 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Selain membantu pencernaan, mengonsumsi pepaya secara rutin ternyata dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut berbagai manfaat yang bisa kita rasakan dari buah ini:

1. Menyehatkan Mata

Pepaya jika dikonsumsi secara rutin akan membuat mata lebih sehat. Karena di dalam buah pepaya mengandung vitamin A yang membantu kornea menjadi sehat. Selain itu, manfaat lain dari buah pepaya ini adalah dapat menghasilkan kelembapan pada mata, sehingga akan menjaga mata dari iritasi.

2. Mengatasi Kulit Terbakar

Kandungan pada buah pepaya lainnya yaitu likopen, kandungan ini dapat membantu menyembuhkan kulit tubuh yang gosong atau menghitam akibat sinar UV. Mengkonsumsi buah yang mengandung likopen dapat membantu menjaga kesehatan kulit karena aktivitas antioksidan yang terkandung dalam zat likopen ini. Antioksidan dalam pepaya dapat merusak sel kulit akibat radikal bebas.

3. Menutrisi Rambut dan Kuku

Berbagai kandungan mineral dan vitamin pada pepaya dapat membantu meningkatkan pertumbuhan kuku dan rambut. Caranya cukup mudah, cukup dengan menghaluskan buah dan untuk masker rambut. Fungsinya nanti kita akan mendapatkan rambut yang lebih sehat dan bergizi.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekebalan manusia seringkali menurun, oleh karena itu buah ini dapat membantu meningkatkan kekebalan sehingga dapat mencegah penyakit. Karena di dalam buah pepaya mengandung vitamin A, C, dan E.

5. Menyehatkan Jantung

Kesehatan jantung sangat penting untuk diperhatikan. Dalam pepaya banyak mengandung vitamin C dan zat likopen yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dan juga jika kita rutin makan pepaya maka bisa membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Kandungan antioksidan pada buah ini dapat meningkatkan efek kolesterol baik pada tubuh.

6. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Di dunia, kanker telah diderita banyak orang, dan tergolong penyakit mematikan. Hal tersebut dapat kita atasi dengan mengkonsumsi pepaya secara rutin karena pada buah ini dapat membantu penyebab radikal bebas penyebab kanker.

7. Mencegah Penuaan

Ternyata mengkonsumsi buah pepaya dapat membantu melembutkan dan merevitalisasi kulit dengan kandungan vitamin A dan C yang berfungsi menyamarkan kerutan dan flek hitam pada kulit wajah. Dan juga kolagen pada buah pepaya efektif dalam mengurangi kerutan di wajah.

Itulah resep rahasia cara membuat manisan pepaya kering anti gagal. Sangat mudah dan sederhana bukan? Selamat mencoba dan semoga bermnafaat untuk kita semua. Informasi dan tips tips terupdate lainnya dapat anda kunjungi di web challenging islam disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *