Cara Membuat Makanan Frozen Tahan Lama

3 Cara Membuat Makanan Frozen Tahan Lama

Cara Membuat Makanan Frozen Tahan Lama – Makanan frozen atau biasa dikenal sebagai frozen food merupakan makanan yang disimpan dan melalui proses pembekuan agar makanan bisa tahan lama dan tidak rusak.

Proses pembekuan ini dipastikan tidak akan mempengaruhi kandungan nutrisi yang ada di dalam makanan, termasuk diantaranya kalori, serat, lemak, protein, gula ataupun jumlah mineralnya.

Jika dibandingkan dengan makanan segar, frozen food dapat mempertahankan nilai gizinya lebih lama dibandingkan dengan makanan segar.

Kandungan nutrisi pada makanan segar dapat dengan mudah berkurang akibat dari efek cahaya, suhu, dan udara.

Selain itu, frozen food dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda jika tidak memiliki banyak waktu untuk memasak di rumah.

Jika dilihat dari bahan yang digunakan, jenis makanan beku ini ada banyak jenisnya diantaranya yaitu frozen food sayur, buah, ikan, dan daging. Berikut ini cara menyimpan frozen food agar lebih tahan lama:

1. Pemilihan Bahan

Kini, Belanja Bahan Segar di Lazada Bisa Instant Delivery Guys! |  urbanasia.com
Pemilihan Bahan

Untuk membuat frozen food, Anda perlu memperhatikan kualitas bahan bakunya. Pastikan Anda menggunakan bahan baku yang segar dan berkualitas.

Tentu dengan penggunaan bahan yang segar, frozen food Anda akan lebih tahan lama. Misalkan Anda ingin membuat chicken katsu, maka bahan ayam yang digunakan adalah daging ayam yang masih segar, bukan daging ayam yang sudah lama dibekukan.

Selain bahan baku yang digunakan, Anda juga perlu memperhatikan bahan-bahan tambahan lainnya yang digunakan untuk membuat frozen food. Usahakan untuk memilih bahan yang sudah atau hampir kadaluwarsa.

2. Pemasakan

LIPI Respons Klaim Ilmuwan Rusia Corona Mati di Air Mendidih
Pemasakan

Frozen food yang baik sebenarnya adalah berasal dari bahan mentah yang langsung dibekukan. Namun, Anda juga dapat mengolah atau memasaknya terlebih dahulu.

Proses pemasakan ini dapat membunuh bakteri penyebab kerusakan pada makanan. Selain itu juga akan membuat tekstur pada makanan menjadi lebih padat dan tidak mudah hancur saat dikemas.

Misalnya, membuat chicken katsu, Anda bisa menggorengnya sebentar selama kurang lebih satu menit dengan api sedang. Sementara itu, untuk membuat sosis, tempura, atau bakso ikan, Anda bisa merebusnya selama dua menit.

Frozen food yang telah diolah dan dimasak terlebih dahulu tentu akan membuat Anda lebih praktis dan hemat waktu saat ingin mengonsumsinya.

Tunggulah makanan hingga dingin dalam suhu ruangan sebelum dikemas dan dibekukan. Pendinginan makanan pada suhu ruangan sebelum dikemas dan dibekukan ini bertujuan untuk meratakan pembekuan pada frozen food agar bisa beku sempurna.

Makanan yang baru dimasak dan belum dingin saat dikemas dan dibekukan akan berakibat makanan hanya beku dibagian luarnya saja, sedangkan bagian dalamnya tidak. Hal ini akan menyebabkan makanan menjadi mudah rusak sehingga tidak tahan lama dalam penyimpanan.

Baca Juga: Cara Membuat Dimsum Frozen Anti Gagal

3. Pengemasan | Cara Membuat Makanan Frozen Tahan Lama

Kemasan Makanan Beku yang Tercemar Virus Corona Disebut Bisa Sebabkan  Infeksi Halaman all - Kompas.com
Pengemasan

Setelah makanan didinginkan dalam suhu ruangan, langkah selanjutnya Anda dapat mengemasnya. Gunakan kemasan yang tertutup dan kedap udara. Hal ini bertujuan agar bakteri tidak bisa masuk ke dalam sehingga makanan menjadi tahan lebih lama dan tidak mudah rusak.

Berikut ini beberapa plastik kemasan yang aman untuk penyimpanan jangka panjang produk olahan makanan.

Yang pertama, yaitu plastik PE (Poly Ethyle). Jenis plastik ini biasa digunakan untuk membungkus minuman atau makanan cair lainnya.

Plastik yang kedua yaitu plastik HDPE (High Density Polyethylene). Plastik HDPE dipilih karena sifatnya yang sangat kuat, antipanas, dan fleksibel.

Selain plastik, Anda juga dapat menyimpan makanan di wadah lain asalkan rapat dan kedap udara mmisalkan toples, kotak makanan, dan lain sebagainya.

Kemudian beri label deskripsi pada kemasan meliputi nama makanan dan tanggal pengemasannya. Hal ini bertujuan agar Anda mudah dalam mengingat makanan mana dulu yang perlu diolah pertama.

Ingatlah konsep FIFO (first in first out) yang berarti bahwa makanan yang masuk pertama, akan keluar pertama juga untuk dikonsumsi.

Setelah itu, makanan bisa langsung dibekukan di dalam freezer box atau freezer kulkas. Suhu yang paling sesuai untuk menyimpan frozen food adalah pada suhu -18 derajat Celsius.

Demikian tadi cara membuat makanan frozen tahan lama. Untuk informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi website kami hanya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *