resep kue lebaran

Resep Kue Lebaran Referensi Yang Sangat Cocok

Halo sobat semuanya pada kali ini mimin kembali pengen membahas tentang resep kue lebaran referensi yang sangat cocok untuk menjamu tamu lebaran loh sob. Memang resep kue lebaran ini sangat banyak dan beragam, apalagi negara kita memiliki banyak suku dan budaya yang merayakan lebaran dengan cara yang bermacam macam pula sob.

Seperti yang Mimin bilang di atas, pada hari ini Mimin bakalan membagi kan resep kue lebaran yaitu refrensi resep resep kue lebaran yang sangat cocok untuk dijadikan suguhan atau jamuan bagi tamu yang bertamu ketika lebaran. Sajian Sajian ini bukan hanya kue kering, namun juga kue kue basah yang sekiranya ringan dan cocok digunakan sebagai suguhan saat lebaran tiba.

Tak jarang ketika lebaran Tiba para tetangga, para saudara, teman teman, sahabat dan orang orang lainnya datang ke rumah untuk berkunjung. Oleh karena itu kita membutuhkan suatu makanan atau kue untuk menjamu mereka semua yang telah datang ke rumah kita. Karena hal tersebut merupakan salah satu tradisi Nusantara yaitu memberikan jamuan kepada tamu yang datang ke rumah.

Salah satu suguhan atau jamuan yang sangat enak adalah kopi. Untuk membuat kopi dengan cepat dan praktis sobat bisa memakai mesin kopi yang sangat awet dan handal.

Tak jarang pula para perantau dari kota pulang ke desa ketika lebaran, sehingga rumah di desa perlu diisi dengan makanan makanan atau kudapan kudapan untuk menjamu para perantau yang pulang ke desa. Hal tersebut sudah merupakan Budaya dan adat istiadat di Nusantara di mana orang yang pergi untuk berusaha di kota akan pulang ke desanya ketika musim lebaran Tiba. Oleh karena itu ini sudah menjadi budaya yang harus dilestarikan bersama sama agar kehangatan ini juga bisa dirasakan anak cucu generasi mendatang

Referensi Resep Kue Lebaran

Uniknya, Idul Fitri di Indonesia memiliki julukan Idul Fitri yaitu “Lebaran”. Sumber istilah “Lebaran” tidak jelas. Sebagian orang mengira kata Lebaran berasal dari bahasa Jawa “lebar” (di atas), bahasa Madura “lober” (lengkap), “lebar” dalam bahasa sunda kadang disebut “boboran” atau “lebar” Betawi (artinya lebar). Sedangkan Idul Fitri sendiri berasal dari bahasa Arab “id al-fitr” yang berarti “sehat kembali” atau suci, sama seperti bayi yang baru lahir di dunia ini.

Namun beberapa orang mengatakan mereka tidak memiliki ide untuk membuat Sajian kue lebaran. Oleh karena itu Mimin sekarang bakaran memberikan resep kue lebaran yaitu referensi referensi kue nya sehingga sofa tidak usah bingung dengan khawatir. Resep resep yang akan Mimin referensikan ini tidaklah sulit dan lumayan sederhana menurut Mimin

Terlepas dari asalnya, jelas bahwa kata Lebaran berarti tuntas, lengkap, atau berakhir. Artinya, menunaikan puasa selama sebulan, dengan harapan di bawah pintu ampunan, hati umat Islam lebih luas, lega, dan penuh berkah. Inilah arti Idul Fitri yang terpenting.

Kata Lebaran digunakan tidak hanya untuk Idul Fitri atau Lebaran Haji, tetapi juga untuk “Lebaran China” untuk memperingati tahun baru dalam sistem penanggalan Tionghoa. Menariknya, istilah ini tidak digunakan untuk merujuk pada Natal. Tidak ada istilah “Lebaran Natal”, tapi hanya “Natal”.

1. Nastar

Oke yang pertama yaitu nastar. Siapa sih yang tidak tahu nastar. Nastar merupakan salah satu kue kering yang umum kita temui Ketika musim lebaran tiba. Ketika musim lebaran tiba penjual penjual kue kering biasanya menjual nastar. Nastar ini merupakan kue berbentuk bulat yang terbuat dari tepung dan berisikan selain nanas atau selai buah lainnya. Rasanya manis dan Teksturnya sangat lembut ketika kita gigit akan lumer di dalam mulut.

Nama nastar berasal dari bahasa Belanda yaitu “ananas” atau nanas dan “taartjes” yang artinya roti nanas. Pengucapannya juga menjadi lebih mudah menjadi “nastar”. Oleh karena itu, nastar adalah telur yang penuh dengan selai nanas. Sejak zaman kolonial Belanda, Nastar sendiri sudah ada. Dalam bahasa Inggris, nastar ini biasa disebut dengan Pineapple Tarts atau Pineapple Nastar Roll.

Cara membuat nya pun cukup mudah yang pertama sobat siapkan tepung terigu, gula, garam, dan juga selai nanas. Kemudian Campurkan tepung terigu gula garam dan air menggunakan mixer roti Dan masukkan pengembang secukupnya. Bulan nih hingga adonan Kalis kemudian ambil satu Bulatan adonan untuk diisi dengan selai nanas. Lakukan semua hingga potongan adonan habis kemudian taruh di loyang lalu panggang Di dalam oven selama kurang lebih 15 hingga 20 min tergantung panasnya oven.

2. Kastengel

Yang kedua yaitu kastengel. Kastengel juga merupakan salah satu roti kering yang paling sering kita temui ketika lebaran tiba. Biasanya kastengel ditaruh di dalam topless dan memiliki warna yang kuning. Rasa dari kastengel itu adalah rasa Gurih, asin dan tak jarang kita menemukan kastengel yang memiliki toping keju kering. Toping keju ini mendukung cita rasanya yang asin menjadi lebih nikmati mulut.

Kastengel memiliki bahan dasar parfum yang di olah sedemikian rupa hingga menjadi Sajian kue kering dan dipanggang sempurna dengan suhu yang sempurna. Sehingga Tekstur kastengel ini menjadi sangat lahirannya dan tidak mudah hancur ketika ditaruh di dalam topless. Memang kue yang satu ini sangat fenomenal karena kue yang satu ini pasti ada di sajian kue lebaran  Di daerah mana pun. Oleh karena itu Sajian yang satu ini merupakan Sajian yang legendaris jg setelah nastar

Di negara asalnya Belanda, kaasstengel berbeda dengan kaasstengel Indonesia. Bentuknya lebih panjang, lebih dari 30 cm. Di Indonesia bentuk kastengel ini sudah disesuaikan dengan ukuran yang lebih kecil yaitu hanya 4 cm. Karena Indonesia tidak memiliki oven ukuran besar, ukurannya mungkin lebih kecil.

Kastengel banyak digunakan pada saat perayaan festival keagamaan Natal dan Idul Fitri di Indonesia. Selain Nastar, Kastengel sepertinya menjadi santapan wajib saat liburan. 

3. Resep Kue Lebaran Putri Salju

Yang ketiga yaitu putri salju. Sajian kue yang berwarna putih dan this Taburi dengan gula halus yang berasa manis ini merupakan salah satu Sajian tradisional yang sudah umum kita temui jika kita bertamu ke rumah saudara Atau ke rumah tetangga. Sajian yang satu ini memiliki bentuk panjang dan lonjong serta dilapisi gula halus berwarna putih. Rasa dari Sajian yang satu ini sangat manis dan enak ketika digigit.

Tekstur dari putri salju ini memiliki Tekstur yang halus kamarnya, padat, namun tidak kenyal. Karena ini kue kering maka daya tahannya juga cukup lama karena kadar airnya tidak terlalu banyak. Sehingga dapat bertahan hingga beberapa hari bahkan ada sumber yang mengatakan bisa bertahan sampai dengan tiga minggu lamanya. Sungguh unik ya Sajian yang satu ini sebagai roti kering dan juga sebagai jamuan bertamu

4. Kacang Goreng

Yang ke empat yaitu kacang goreng. Meskipun bukan kue namun kacang goreng juga sangat umum kita temui sebagai Sajian jamuan saat lebaran. Memang tidak dipungkiri kacang goreng merupakan Sajian termurah yang bisa kita saksikan untuk tamu. Meskipun murah Sajian ini juga memiliki nilai rasa yang lumayan. Rasanya yang asin namun tidak terlalu asin juga sangat nikmat jika kita makan dan nikmati sebagai camilan

5. Bidaran

Yang selanjutnya yaitu bidarab. bidaran merupakan salah satu Sajian Snack tradisional yang memiliki rasa Gurih Teksturnya dan rasanya yang sedikit asin.sajan ini terbuat dari tepung yang kemudian digoreng hingga matang dan Dikeringkan secara sempurna. Sehingga kandungan minyak yang di dalamnya akan berkurang drastis ketika kita memakanya. oleh karena itu Tidaran ini merupakan salah satu sajian yang ada ketika kita berkunjung ke rumah saudara atau tetangga kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *