obat hipertensi pulmonal

Apa Saja Obat Hipertensi Pulmonal?

Hipertensi pulmonal merupakan suatu kondisi tekanan darah tinggi yang terjadi pada bagian arteri untuk jalan mengalirnya darah dari jantung menuju ke paru-paru. Penanganan yang tepat bagi penderita penyakit ini sangat penting. Terutama pemberian obat hipertensi pulmonal.

Berbagai Macam Pengobatan untuk Hipertensi Pulmonal

Hipertensi pulmonal terjadi karena adanya peningkatan tekanan darah karena adanya perubahan pada sel yang melapisi bagian arteri pulmonal tubuh. Perubahan ini kemudian dapat memicu penebalan dinding arteri pulmonal.

Setidaknya ada dua macam pengobatan untuk menangani penyakit hipertensi pulmonal yang menyerang seseorang. Mulai dari opsi obat-obatan dan berikutnya adalah pembedahan. Berikut adalah detailnya.

1.    Obat-Obatan Dokter

Untuk menangani penyakit hipertensi pulmonal, resep obat-obatan dari dokter juga penting. Pemberian obat hipertensi pulmonal ini mencakup obat untuk mencetuskan dilatasi pembuluh darah, obat untuk menghambat reseptor kalsium, obat antikoagulan dan sebagainya.

2.    Prosedur Pembedahan  

Apabila hipertensi pulmonal yang dialami oleh seseorang sudah semakin parah, maka ada baiknya untuk melakukan serangkaian prosedur pembedahan. Hal ini bertujuan guna membantu mengatasi tanda maupun gejala yang ditimbulkan.

Berbagai Macam Komplikasi Hipertensi Pulmonal

Penyakit hipertensi pulmonal memang perlu segera ditangani dengan baik. Sebab, jika tidak ditangani dengan baik maka bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Berikut merupakan beberapa indikasi komplikasi berbahaya dari hipertensi pulmonal.

  1. Pembesaran organ jantung di sisi kanan.
  2. Gagal jantung.
  3. Detak jantung yang tidak teratur. Kadang terasa lebih cepat dan kadang terasa lebih lambat.
  4. Pendarahan di paru-paru.
  5. Komplikasi kehamilan.

Bagaimana Mendiagnosis Hipertensi Pulmonal?

Sebetulnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis hipertensi pulmonal. Beberapa cara tersebut diantaranya foto rontgen dada, elektrokardiogram, ekokardiografi, tes fungsi paru, katerisasi jantung, CT scan dan sebagainya.

Saat sudah melakukan diagnosis dan terdiagnosis menderita hipertensi pulmonal, maka ada baiknya untuk mencari penanganan yang tepat. Bila perlu, bergabunglah dengan komunitas hipertensi pulmonal untuk mendapatkan informasi terkait penanganan penyakit tersebut.

Obat hipertensi pulmonal memang ada begitu banyak macamnya. Namun, pastikan untuk mendapat obat yang tepat. Agar tidak salah penanganan penyakit tersebut, maka cobalah untuk bergabung dengan komunitas hipertensi pulmonal dengan klik link ini https://www.hipertensiparu.org/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *