Cara Membuat Bumbu Kacang Bakso Bakar

Cara Membuat Bumbu Kacang Bakso Bakar Yang Enak dan Mudah

Halo semuanya, apa kabar? Semoga sehat selalu ya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat bumbu kacang bakso bakar.

Cara Membuat Bumbu Kacang Bakso Bakar

Cara Membuat Bumbu Kacang Bakso Bakar

Bakso adalah campuran daging giling yang dicampur dengan tepung tapioka dan berbentuk seperti bola-bola kecil, biasanya daging sapi, tetapi banyak juga yang menggunakan ikan, ayam, udang, kerbau.

Biasanya bakso disajikan panas dengan kuah bening, biasanya ditambahkan pasta dan bihun serta telur kemudian ditaburi bawang goreng.

Bakso ternyata berasal dari bahasa Tionghoa-Indonesia yang bisa dikenali dengan istilah ‘bakso’ yang berasal dari kata Bak dan So yang artinya Hokkien, yang secara harfiah berarti daging cincang. Namun yang membedakan bakso cina ini adalah dagingnya, karena rata-rata penduduk indonesia beragama islam maka daging yang digunakan adalah daging halal.

Bakso ada di mana-mana dan biasanya penjual baksonya berasal dari Jawa karena tempat yang terkenal sebagai pusat bakso adalah Solo dan Malang.

Penjaja kuliner ini mulai dari PKL, PKL hingga rumah makan atau tempat makan mewah, karena penduduk nusantara hampir menyukai bakso, sehingga orang tidak ragu untuk memulai bisnis bakso.

Karena permintaan bakso yang terus meningkat, para penjual bakso berlomba-lomba untuk mendapatkan pembeli di pasar.

Terdapat variasi menu bakso yang akan menggugah selera pembeli, seperti bakso tanpa lemak, bakso tenis atau bakso telur, bakso pipih, bakso jelek, bakso karimunjawa, bakso keju dan masih banyak lagi.

Manfaat Cara Membuat Bumbu Kacang Bakso Bakar

1. Kaya akan protein dan zat besi

Protein hewani yang terdapat pada daging sapi bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel yang sudah rusak di dalam tubuh, sehingga meningkatkan fungsi otak. Sementara itu, zat besi berperan sebagai pengikat oksigen dalam tubuh, mendukung proses metabolisme dan menjaga suhu tubuh tetap stabil

2. Dapat mencegah stroke dan diabetes

Sel saraf dalam tubuh membutuhkan banyak oksigen. Dengan mengkonsumsi daging sapi secara teratur dan mengolahnya dengan baik, kadar insulin dapat tercapai sehingga kita terhindar dari risiko diabetes.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Diet dan pola makan daging sapi sangat baik untuk semua orang, terutama yang aktif. Karena dapat meningkatkan daya tahan atau daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Protein dalam daging sapi juga dapat menyembuhkan luka. Salah satu penyebab paling umum dari infeksi luka adalah terhambatnya pengiriman oksigen ke jaringan yang rusak.

Kekurangan mineral dapat menunda pembentukan dan perbaikan jaringan. Mineral menjadi peran penting dalam penyembuhan karena berperan dalam distribusi oksigen melalui darah.

6. Mendukung fungsi jantung

Dengan penyajian yang tepat, daging sapi yang tidak ada lemaknya sangat baik untuk kesehatan jantung. Makan daging sapi dengan olahan yang tepat, seperti direbus atau dibakar, dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Efek Samping Cara Membuat Bumbu Kacang Bakso Bakar

1. Menyebabkan gangguan pada sistem saraf pusat

Kebanyakan bakso dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat di otak. Hal ini terutama disebabkan oleh konsumsi bakso dengan formalin atau boraks.

Hasilnya cukup mengkhawatirkan bagi anak-anak karena dapat menyebabkan cacat intelektual dan mengganggu kemampuan berpikir dan motorik.

2. Memicu tekanan darah tinggi

Menambahkan terlalu banyak vetsin ke bakso dapat menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Hal ini ditandai dengan gejala awal seperti mual dan sakit kepala. Ini seperti Sindrom Restoran Cina.

3. Timbulnya gangguan pada usus

Boraks biasanya ditambahkan untuk memberikan tekstur yang lebih keras pada bakso. Namun, makan bakso memiliki efek negatif bagi kesehatan.

Salah satunya memicu masalah usus. Bahan kimia ini dapat menyebabkan iritasi dan peradangan (radang) pada dinding usus. Akibatnya, kinerja usus dalam mencerna makanan mungkin tidak maksimal.

Jika hal ini terjadi, ibu juga akan mengalami rasa sakit sepanjang malam dari cedera usus yang sebelumnya disebabkan oleh boraks.

4. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Bakso dengan tambahan bahan kimia ternyata bisa menyebabkan pembuluh darah Anda menyempit lho, Bu. Kondisi ini tentu cukup berbahaya, terutama bagi pembuluh darah yang menuju ke jantung.

Ketika pembuluh darah menyempit, suplai darah ke jantung berkurang. Hal inilah yang memicu munculnya berbagai jenis penyakit jantung, salah satunya adalah serangan jantung.

5. Merangsang peningkatan asam lambung

Selain boraks, formalin, dan vetsin, cuka pada bakso juga berbahaya jika berlebihan, Ma. Konsumsi cuka secara berlebihan bahkan dapat merangsang peningkatan asam lambung. Akibatnya, perut mengalami nyeri, mual, dan rasa tidak nyaman di ulu hati.

Selain itu, makan bakso yang banyak mengandung cuka juga dapat merusak email gigi.

6. Menyebabkan diare

Boraks dan formalin dalam bakso tidak hanya dapat memicu penyakit usus, tetapi juga menyebabkan gangguan pencernaan lainnya yaitu diare. Ini karena iritasi dan peradangan pada dinding usus.

Ini mencegah usus menyerap cairan dengan benar, yang menyebabkan diare bagi ibu. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena jika Anda terus minum air, Anda bisa mengalami dehidrasi.

Cara Membuat Bumbu Kacang Bakso Bakar

Baca juga : Resep Bumbu Bakso Bakar Untuk Jualan Yang Enak

Bahan Cara Membuat Bumbu Kacang Bakso Bakar :

  • 30 butir bakso
  • Bahan Marinasi :
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 1/4 buah bawang bombay
  • 1 sdm saos tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • Madu 2 sdm
  • 2 sdm saos sambel
  • 3 sdm saos tomat
  • Secukupnya lada
  • Secukupnya air
  • Bahan Bumbu Kacang :
  • 100 gr kacang tanah goreng
  • 3 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 6 buah cabe rawit
  • 2 buah cabe merah kriting
  • 2 sdm gula merah
  • Secukupnya air
  • Garam secukupnya
  • Secukupnya kaldu bubuk
  • 3 sdm minyak goreng

Cara Membuat Bumbu Kacang Bakso Bakar :

  1. Tumis bawang putih cincang dan bawang bombay hingga wangi lalu tambahkan semua bumbu marinasi aduk rata dan tambahkan sedikit air dan masukkan bakso aduk rata. Test rasa
  2. Test rasa setelah semua oke masak sampe bumbu meresap dan air menyusut kurang lebih (10-15 menit) angkat dan sisihkan
  3. Sambil menunggu bakso agak dingin kita buat sambel kacang :
    Blender/haluskan semua bahan sambal kacang hingga halus. Panaskan minyak, tumis bumbunya sebentar lalu masukkan air dan kacang tanah yang telah di haluskan kemudian masak kembali tambah penyedap rasa, garam aduk rata.
  4. Test rasa setelah oke masak hingga meletup-letup, dan kekentalan sesuai selera.
  5. Setelah bakso agak dingin tusuk bakso dan bakso siap di panggang di atas teflon yang telah di olesin margarine. Lakukan sampe. Semua bakso di bakar lalu sisihkan.
  6. Siapkan sate bakso bakar di piring saji kemudian siram dengan sambal kacang dan lengkapi dengan irisan ketimun. Sate bakso bakar sambal kacang siap disajikan 

Nah itulah Cara Membuat Bumbu Kacang Bakso Bakar yang enak dan simpel bisa dibuat sendiri dirumah serta bahan-bahannya juga mudah didapatkan maupun dipasar atau di supermaret.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *