Bingung Pilih Cincin Emas Putih atau Kuning? Simak Perbandingannya!

Harga cincin lamaran emas 24 karat berbeda-beda setiap harinya karena berbagai faktor. Selain harganya yang bervariasi, jenis cincin emas pun juga bervariasi. Jenis cincin emas paling populer adalah cincin emas putih dan cincin emas kuning.

Bingung Pilih Cincin Emas Putih atau Kuning? Simak Perbandingannya!

Apa beda emas putih dan emas kuning? Manakah yang lebih bagus? Apa kelebihan dan kekurangannya masing-masing? Jika Anda merasa bingung ingin membeli cincin emas putih atau kuning, maka sebaiknya cari tahu dulu perbedaan keduanya melalui artikel ini!

Perbedaan Cincin Emas Putih dan Cincin Emas Kuning

Ketika akan membeli cincin, banyak orang termasuk Anda pasti merasa bingung akan membeli cincin emas kuning atau cincin emas putih. Daripada terus merasa bingung, lebih baik cari tahu perbedaannya terlebih dahulu.

Ketika mengetahui perbedaan keduanya, Anda bisa membandingkannya sendiri dan menentukan jenis cincin emas yang akan dibeli. Ya, cincin emas putih dan cincin emas kuning memiliki perbedaan dalam  berbagai hal, yaitu:

1. Warna Cincin

Perbedaan pertama terletak pada warna cincin. Cincin emas kuning memiliki tampilan warna alami emas. Sedangkan cincin emas putih memiliki tampilan warna putih yang sedikit keperakan.

Warna putih pada cincin emas putih berasal dari campuran antara emas, palladium, perak, timah, atau nikel. Selain itu, cincin emas putih juga dilapisi dengan rhodium agar lebih mengkilap. Setiap satu atau dua tahun sekali cincin emas putih harus kembali diolesi dengan rhodium agar tetap mengkilap.

Tampilan warna cincin emas putih memang memiliki kesan yang lebih elegan dan modern. Warnanya juga terkesan lebih netral. Oleh karena itu, kini emas putih semakin diminati oleh banyak orang terutama kaum muda.

2. Daya Tahan dan Kekuatan

Jika dibandingkan dengan daya tahan dan kekuatannya, maka cincin emas putih lebih unggul dari cincin emas kuning. Ya, kelebihan cincin emas putih adalah memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih tinggi karena dibuat dengan campuran zat lainnya.

Cincin emas kuning yang dibuat dari emas murni memiliki tekstur yang lebih lunak apalagi jika kadarnya tinggi.

Kedua jenis cincin sebenarnya memiliki daya tahan terhadap kerusakan yang kuat, tetapi jika dibandingkan, maka cincin emas putih memiliki daya tahan lebih tinggi.

3. Cara dan Biaya Perawatan

Selain warna dan daya tahan yang berbeda, cincin emas putih dan cincin emas kuning juga memiliki perbedaan dari segi perawatannya.

Biaya perawatan cincin emas kuning cenderung lebih murah dari pada biaya perawatan cincin emas putih. Ya, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, cincin emas putih memang harus kembali dilapisi rhodium, sehingga biaya perawatannya lebih mahal.

 Selain itu, jika cincin rusak, maka cincin emas kuning cenderung lebih mudah diperbaiki dibandingkan dengan cincin emas putih.

Keduanya bisa awet digunakan asalkan dirawat dengan perawatan dengan baik dan rutin.

4. Harga Cincin Emas Putih dan Kuning

Apakah harga emas putih lebih mahal dari emas kuning? Harga cincin emas sebenarnya tergantung pada kandungan emas murni atau persen karatnya. Semakin tinggi kandungan emas murni, maka tentu saja harganya lebih mahal.

Namun, harga cincin emas putih lebih mahal dibandingkan dengan harga cincin emas kuning yang memiliki karat atau kadar emas sama.

Kenapa harga emas putih lebih mahal? Hal ini karena adanya lapisan rhodium yang melapisi cincin emas putih. Rhodium digunakan untuk membuat cincin emas putih lebih mengkilap.

Perbedaan cincin emas putih dan kuning memang sangat banyak. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Jangan lupa pertimbangkan harga cincin lamaran emas 24 karat sebelum membeli cincin emas putih atau kuning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *