Cara Buat Salome Tanpa Daging

Haloo guys… Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang cara buat salome tanpa daging. Bagi kalian yang penarasan silahkan membaca sampai tuntas.

Salome

Salome merupakan jajanan atau jajanan kaki lima yang akhir-akhir ini banyak kita jumpai karena sedang viral di kalangan remaja, tapi tahukah kamu apa itu Salome?

Salah satu hits atau tren yang datang dari Balikpapan menjadi populer di pulau Jawa pada tahun 2017. Salome juga memiliki nama lain yaitu “Cilok”, dikenal dengan teksturnya yang kenyal, unik, bulat dan memiliki rasa yang gurih.

Jajanan bulat yang terbuat dari tepung kanji, tepung terigu dan daging biasanya disajikan dengan kecap atau sambal kacang dan sambal. disajikan di atas piring.

Anda tidak perlu jauh-jauh berkendara ke Balikpapan jika ingin mencoba atau mencoba Salome, karena jajanan ini sudah tersebar di mana-mana bahkan bisa dengan mudah disiapkan di rumah dan disantap di sela-sela.

Bagi anda yang ingin membuat Salome di rumah namun masih bingung dengan resepnya, pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat Salome dan resep yang bisa anda buat dengan mudah di rumah.

Cara Buat Salome Tanpa Daging

cara buat salome tanpa daging

Nah untuk kalian yang bingung bagaimana cara dan resep untuk membuat salome tanpa daging, disini saya akan membagikannya.

Bahan :

200 gram tepung terigu
200 ml air
1 batang daun bawang, potong kecil-kecil
Es batu secukupnya
150 gram tepung tapioka
Garam secukupnya
Merica untuk rasa
300 gram ayam/ikan, cincang halus
Telur secukupnya
Secukupnya kaldu jamur

bahan halus


2 siung bawang putih
1 batang bawang bombay
Garam secukupnya
Merica untuk rasa


Saus kacang / bumbu kacang


150 gr kacang tanah goreng dengan kulitnya
50 gram cabai merah keriting
2 daun bawang
2 siung bawang putih
200 ml air
50 gram saus sambal
Garam secukupnya
Gula untuk dicicip
Secukupnya kaldu jamur


Buat bumbu kacang

  1. Masukkan semua bahan saus kacang dari resep di atas ke dalam blender dan aduk hingga teksturnya halus namun tetap seperti kacang.
  2. Kemudian masukkan saus kacang yang sudah dihaluskan ke dalam wajan, masak hingga rata dan kental, lalu masukkan ke dalam wadah dan sajikan saus kacang dengan kecap.


Cara Mengolah Bahan Utama :

  1. Haluskan Bawang putih, bawang merah, garam dan merica bisa dihaluskan dengan blender, namun lebih baik menggunakan cobek agar rasa rempahnya tidak hilang.
  2. Siapkan penggorengan dan masukkan tepung terigu, bahan yang dihaluskan dan 200 ml air, aduk hingga mengental merata dan tidak ada gumpalan tepung lagi, jangan lupa tambahkan daun bawang.
  3. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk agar adonan tidak gosong. Setelah adonan mengental menyerupai adonan mashed potato, keluarkan adonan Salome dari loyang dan masukkan ke dalam wadah, lalu dinginkan.
  4. Kemudian campurkan adonan yang sudah dingin dengan garam, merica dan telur dan ratakan.
  5. Kemudian siapkan blender atau food processor dan cincang daging dan tambahkan sedikit es batu dan cincang sampai halus.
  6. Setelah tercampur masukkan adonan ke dalam wadah, lalu masukkan pure daging dan tepung tapioka, jangan lupa tambahkan lagi telur dan 150 ml air lalu aduk atau uleni hingga adonan tercampur rata.
  7. Kalau mau salome bisa langsung di bentuk bulat-bulat, kalau mau ditambah bumbu bisa ditambah daun bawang ke dalam adonan.
  8. Tuang air ke dalam panci sampai benar-benar penuh, setelah mendidih masukkan adonan Salome yang sudah bulat ke dalam panci yang berisi air mendidih dan tunggu sampai adonan mengapung.
  9. Jika sudah mengambang, tunggu 4-5 menit hingga salome matang sepenuhnya, lalu angkat dan tiriskan.

Hal Menarik Dari Salome

Berikut ada beberapa hal menarik yang dapat kalian ketahui tentang salome.

Dari Jawa Barat

Salome merupakan salah satu street food yang menjadi street food populer di Indonesia. Anda dapat menemukan Salome di mana saja.

Melancarkan sistem pencernaan

Ya, Anda membacanya dengan benar, Salome sebenarnya dapat meningkatkan pencernaan karena tepung tapioka dalam Salome mengandung serat.

Serat dalam tepung tapioka adalah kalsium, zat besi, selenium, asam folat, tembaga, serat dan vitamin B6 dan dapat membantu mencegah kanker usus besar.

Tapi jangan makan berlebihan, itu akan menyebabkan diare.

Tulang sehat

Dalam Salome, tepung tapioka yang mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin K bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Mencegah Anemia

Tepung tapioka mengandung zat besi, yang mencegah anemia sehingga Anda tidak akan lemas atau perlu minum obat penambah darah untuk meningkatkan kadar zat besi.

Menekan Tekanan Darah

Selain zat besi yang penting untuk darah, tepung tapioka juga mengandung potasium, potasium meredakan tekanan pada pembuluh darah.

Beda Daerah Beda Bumbu

Salome berasal dari daerah tersebut dan biasanya disajikan dengan saus kacang, tetapi di daerah lain menggunakan bumbu yang berbeda sesuai dengan selera daerah.

Ada area di mana Salome disajikan dengan kaldu atau saus pedas, dan ada juga area di mana hanya streusel yang disajikan.

Cara memasaknya juga berbeda, yaitu direbus, digoreng, dan dibakar.

Punya saudara kembar di Jepang

Mirip dengan Salome, di Jepang ada sajian tepung tapioka yang sama, beberapa dari Anda mungkin pernah memakannya, yaitu mochi.

Selain isian yang kebanyakan manis, mochi juga memiliki isian gurih yang tidak kalah hits dengan mochi isi manis.

Mirip dengan Mochi-Salome, variasinya sama tanpa isian dan disiram dengan saus jahe dan kecap.

Itulah artikel yang dapat saya bagikan pada kali ini. Jika kalian masih ingin membaca artikel terkait, dapat membaca artikel tentang cara membuat salome ini. Atau dapat membaca artikel artikel menarik lainnya di website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *