Ingin Sukses Buka Jasa Jahit Baju di Rumah Bermodal Kecil Begini Nih Caranya!

Usaha berjenis jasa adalah bisnis yang punya dampak paling kecil. Dan tidak benar satu bisnis jasa jahit terdekat yang memadai menjanjikan ialah jasa jahit pakaian di rumah.


Karena terhubung jasa jahit pakaian di tempat tinggal tidak memerlukan modal yang besar.

Sebab Anda tidak wajib pusing mengayalkan ongkos sewa ruko yang memadai mahal. Sehingga modal Anda dapat di fokuskan untuk membeli peralatan menjahit yang Anda butuhkan.

Kali ini kita bakal mengkaji tentang bagaimana terhubung bisnis jasa jahit pakaian di tempat tinggal Anda hingga dapat ramai didatangi pelanggan.

Kami juga bakal menyuguhkan tentang modal yang diperlukan dan siasat marketing yang tepat kegunaan mengembangkan bisnis Anda.


Berikut tips sukses terhubung jasa jahit pakaian di tempat tinggal yang dapat diawali bersama modal yang relatif kecil.

Pastikan Anda Sudah Ahli didalam Hal Menjahit

Usaha jenis jasa pasti memerlukan sebuah keahlian. Misalnya saja jasa laundry kiloan dimana Anda wajib mengetahui tentang teknik membasuh dan menyetrika yang benar. Begitu juga bersama jasa menjahit baju. Pastikan khususnya dahulu Anda adalah orang yang dapat menjahit baju.

Bukan hanya sekedar dapat loh. Tapi Anda haruslah orang yang sesungguhnya sudah ahli didalam menjahit pakaian bersama jenis apapun.

Karena calon pelanggan Anda nantinya bermacam-macam. Ada yang mendambakan mengakibatkan pakaian dari awal dan juga tersedia yang hanya mendambakan permak saja. Jadi, Anda wajib dapat melayani setiap permintaan pelanggan.

Jika dirasa keahlian Anda tetap kurang, sebaiknya Anda mengikuti kursus menjahit khususnya dahulu. Carilah daerah kursus terbaik di daerah Anda.

Disana Anda bakal diajari beraneka keahlian tentang menjahit seperti teknik-teknik menjahit, langkah memotong kain yang benar, mengakibatkan pola di atas kain, pengambilan ukuran pakaian dan tetap banyak yang lain. Anda juga dapat belajar bersama memirsa video di youtube untuk memantapkan keahlian Anda didalam menjahit.

Melirik Target Konsumen Anda

Peluang untuk meraih banyak kastemer bakal lebih besar kalau Anda terhubung bisnis jahit pakaian di perkotaan. Terutama di tepi jalur yang benar-benar ramai. Karena kesempatan untuk konsisten meraih pelanggan baru bakal lebih besar.

Namun, sebab kita sedang mengkaji langkah mengembangkan bisnis jahit pakaian dirumah, Anda dapat menyasar pelanggan di kurang lebih tempat tinggal Anda.


Memang obyek kastemer Anda juga sempit. Tapi jangan salah, dari para tetangga inilah nantinya jasa menjahit pakaian Anda bakal lebih dikenal banyak orang.

Dengan catatan hasil jahitan pakaian Anda sesungguhnya bagus. Mereka tidak bakal segan untuk mempromosikan jasa jahit Anda kepada keluarga atau kenalan mereka. Sehingga kesempatan untuk mendapat banyak pelanggan semakin besar.


Apalagi kalau pelanggan Anda adalah guru atau pegawai instansi pemerintah. Dari mereka, Anda berpeluang mendapat permintaan jahitan pakaian seragam baik untuk seragam resmi, olahraga, atau sekedar seragam perkumpulan.


Karena kakak sepupu aku adalah seorang penjahit rumahan yang memadai tenar dan banyak pelanggan. Bahkan aku tidak mendapatkan plang atau banner yang bertuliskan “terima jasa jahit’ didepan rumahnya.

Akan tetapi, aku lihat banyak pakaian yang belum menjadi numpuk di rumahnya. Pertanda bahwa dia sedang banyak order jahitan.

Pada intinya, kalau hasil jahitan Anda bagus, barangkali mendapat promosi gratis dari pelanggan Anda bakal semakin besar. Jadi tidak wajib cemas bisnis Anda tidak bakal laku meski Anda membukanya dirumah.


Modal Buka Usaha Jahit Baju Rumahan

Urusan modal pasti menjadi hal yang menjadi pertanyaan dikala mendambakan terhubung sebuah usaha. Tidak kalau bersama bisnis jahit rumahan.

Berapa sih modal untuk terhubung bisnis jasa jahit pakaian dirumah?

Jawabannya adalah relatif. Jika Anda punya duit yang banyak, Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya untuk terhubung bisnis jahit baju, Namun batas paling rendah untuk modal mobilisasi bisnis ini adalah Rp.3.000.000.

Modal selanjutnya dapat digunakan untuk membeli mesin jahit, meja, kursi dan barang pendukung lain seperti benang, kancing, resleting, minyak pelumas mesin jahit dan lain-lain.

Saya katakan batas paling rendah kalau Anda pilih untuk membeli peralatan seperti mesin jahit bersama harga dan merek yang paling murah. Atau barangkali Anda membeli mesin jahit bekas.

Untuk daerah usaha, dapat dikatakan gratis sebab Anda membukanya di tempat tinggal sendiri. Mungkin Anda hanya wajib mengeluarkan sedikit modal untuk dekorasi ruangan saja.


Harga Bermacam Mesin Jahit

Sebagai pengetahuan saja, tersedia banyak jenis mesin jahit bersama beraneka macam merek dan harga yang berbeda-beda. Beberapa mesin jahit yang punya mutu bagus bersama harga yang relatif murah diantaranya

Mesin jahit singer
Mesin jahit janome ns 7210 – bodi besi : Rp.1.650.000
Mesin jahit janome 1008 : Rp.1.600.000
Mesin jahit janome ns 7322 – bodi besi : Rp. 2.100.000
Mesin jahit janome indigo : Rp.2.500.000


Mesin jahit portable

Juki hzl 12z : Rp 1.200.000
Butterfly jh8190s : Rp 1.325.000
Butterfly 8530a : Rp 1.450.000
Broher js1410 : Rp 1.100.000


Mesin jahit obras

Typical 6150 : Rp 900.000
Singer 14SH754 : Rp 1.500.000
Yamata FF747A : Rp 2.800.000
Juki MO 2300 : Rp 3.500.000


Jika Anda punya modal yang besar, belilah mesin jahit singer janome indigo. Karena punya mutu yang bagus. Namun kalau Anda tidak punya banyak modal, Anda dapat membeli yang paling murah yaitu broher js1410.

Apabila tetap benar-benar mahal, Anda dapat membeli mesin jahit bekas. Harga mesin jahit bekas kurang lebih Rp 500.000 hingga bersama Rp 700.000 saja. Tapi ingat, selamanya cek sebelum akan membeli. Jangan hingga Anda membeli barang yang sudah rusak.

Daftar Perlengkapan Lain yang Harus Ada

Mesin jahit adalah peralatan utama yang wajib Anda punya dan punya harga yang paling mahal. Sementara untuk perlengkapan lain, aku kira tidak bakal benar-benar membebankan modal Anda.

Beberapa perlengkapan yang wajib Anda punya untuk jasa jahit pakaian dirumah diantaranya.

Gunting kain : Rp 40.000
Gunting kertas : Rp. 20.000
Gunting benang : Rp 15.000
Cutter : Rp. 15.000
Benang jahit : Rp 50.000
Benang obras : Rp 40.000
Jarum jahit : Rp 20.000
Alat pendedel : Rp 5.000
Minyak singer :Rp10.000
Resleting celana : Rp100.000
Resleting jaket : Rp100.000
Kancing pakaian beraneka warna :Rp100.000
Penggaris spesifik menjahit : Rp 30.000
Alat ukur badan : Rp 10.000
Pensil kain : Rp 10.000
Perlengkapan tambahan :
Kursi : Rp 150.000
Meja : Rp 300.000
Gantungan pakaian : Rp 50.000
Tempat gantungan pakaian : Rp 200.000
Banner ukuran 2 x 1 : Rp 50.000
Total keperluan awal untuk membeli perlengkapan menjahit sebesar Rp 1.315.000

Untuk barang perlengkapan diatas, Anda dapat membelinya di toko kain perca. Harganya dapat lebih mahal ataupun lebih murah, terkait mutu yang Anda inginkan.

Kebutuhan total ongkos total :

Mesin jahit janome indigo : Rp 2.500.000
Mesin obras Typical 6150 : Rp 900.000 (paling murah)
Perlengkapan pendukung : Rp 1.315.000
Biaya promosi : Rp 300.000

Total modal awal sebesar Rp 5.015.000

Jika modal yang Anda punya terbatas, Anda dapat mengesampingkan mesin jahit obras. Konsekuensinya Anda wajib membawa pakaian ke penjahit obras terdekat. Tapi dari sebagian mesin jahit portable diatas, juga dapat digunakan untuk semi obras.

Mempromosikan Usaha Jahit Baju Anda

Setelah bisnis menjahit Anda sudah dibuka, segeralah melakukan promosi untuk memperkenalkan jasa jahit Anda terhadap konsumen. Hal pertama yang wajib Anda melakukan tentunya menempatkan banner atau plang di depan tempat tinggal Anda.

Selanjutnya Anda dapat mencari order jahitan bersama melakukan promosi dari mulut ke mulut terhadap tetangga, kerabat dan kenalan Anda. Anda juga dapat mengakibatkan brosur atau selebaran dan pasanglah di sebagian daerah yang strategis.

Jika hal ini belum memadai untuk mendatangkan kastemer didalam kuantitas yang banyak, Anda wajib cari siasat pemasaran yang tepat untuk mempromosikan jasa jahit pakaian Anda. Sebaiknya Anda wajib membangun jaringan bisnis bersama meningkatkan relasi untuk mencari konsumen.

Mendapatkan Konsumen bersama Membangun Relasi

Saat terhubung usaha, jangan hanya berdiam diri menunggu pesanan datang. Namun aktiflah untuk mencari order jahitan baju. Anda dapat tawarkan jasa Anda ke sekolah-sekolah atau kantor pemerintah. Biasanya mereka memerlukan seragam pakaian setiap tahunnya.

Cara yang memadai ringan dan efektif adalah mengakibatkan 50 kalender meja bersama nama bisnis Anda di sana beserta nomer telepon dan kelebihan jasa jahit Anda.

Bagikan secara gratis ke sekolah dan instansi pemerintah didaerah Anda. Mereka pasti bakal senang hati menerimanya. Jangan mengakibatkan kalender dinding, sebab barangkali tidak bakal di pajang. Usaha promosi Anda bakal sia-sia,

Kalender meja kebanyakan bakal di pajang di meja dan bakal selamanya diamati tiap hari, sediakan juga daerah untuk mencatat didalam kalender supaya lebih berguna.

Bayangkan selama setahun, setiap hari orang bakal lihat kalender Anda. Pasti satu diantara mereka bakal teringat bersama Anda. Ini dapat meningkatkan penjualan Anda.


Perbanyak Relasi ke Pihak Sekolah

Jika Anda punya banyak kenalan guru atau bahkan kepala sekolah. Maka barangkali mereka bakal menjadi pelanggan selamanya Anda bakal benar-benar besar. Anda tinggal tawarkan jasa Anda saja.

Jika satu saja pihak dari sekolah memesan pakaian seragam untuk siswanya. Itu bermakna tersedia puluhan atau ratusan pesanan sekali jalan. Hal ini pasti bakal benar-benar untungkan untuk Anda.

Bekerja Sama bersama Pemilik Salon Pengantin

Salah satu pihak yang selamanya memerlukan jasa jahit pakaian adalah calon pengantin. Pasti mereka perlu pakaian istimewa untuk hari bahagianya. Anda dapat mendekati pemilik salon kecantikan dan pengantin untuk Anda ajak bekerja sama. Anda dapat menjanjikan komisi setiap kali tersedia yang memesan melalui dia.

Pemilik salon bakal senang kalau meraih komisi dan Anda bakal senang sebab meraih pesanan.

Pastikan Kualitas Jahitan Anda Bagus

Hal yang paling mutlak selain promosi adalah mutu jahitan Anda. Seperti yang aku anjurkan diatas, perdalam kembali keahlian menjahit Anda bersama kursus atau barangkali mengambil alih kelas online menjahit.

Kualitas jahitan, bahkan soal kerapian dan hal yang benar-benar kritis untuk bisnis ini. Bila Anda hingga tidak benar ukur atau jahitan Anda belepotan. Pelanggan Anda pasti bakal kecewa dan tidak senang memanfaatkan jasa Anda lagi

Jika Anda sudah mulai berpengalaman, tetaplah belajar. Terkadang tersedia pelanggan yang tidak benar-benar mengetahui tentang fashion.

Disini Anda dapat bertindak sebagai desainer bersama menyarankan jenis pakaian yang sesuai untuk pelanggan Anda tersebut. Dengan begitu, mereka bakal mulai senang bersama petunjuk dari Anda.

Jika jahitan Anda menjadi yang terbaik satu diantara jasa jahit yang lain, orang pun pasti bakal berbondong-bondong berkunjung ke daerah Anda.

Berikan Harga yang Terjangkau

Harga juga kadangkala menjadi pertimbangan banyak orang dikala memastikan untuk menjahit atau permak baju.

Jadi, sebaiknya Anda jangan menempatkan ongkos jahit pakaian benar-benar mahal. Tapi juga jangan benar-benar murah sebab bakal merugikan diri Anda sendiri. Untuk mengecek harga, Anda dapat tanya-tanya harga di daerah jahit lain.

Entah menanyakan secara langsung atau terhadap pelanggan yang sering menjahit disana.

Jika Anda mendapat pesanan seperti seragam dari sekolah, Anda dapat beri tambahan harga miring supaya mereka senang dan kedepannya senang jahit kembali di daerah Anda.

Usahakan Tepati Waktu

Untuk bisnis di bidang jasa, keyakinan juga punya peran mutlak kalau mendambakan sukses didalam mengembangkan usaha. Selain servis yang berkualitas, saat juga benar-benar kritis untuk era depan jasa jahit pakaian Anda.

Jadi, sebaiknya selamanya tepati saat saat menerima pesanan jahitan dari pelanggan. Misalnya Anda menjanjikan seminggu jadi, ya dikala pelanggan singgah seminggu kemudian, jahitan selanjutnya sudah wajib jadi.

Kalaupun belum menjadi sebab suatu hal, seumpama mesin jahit rusak atau Anda tersedia kepentingan mendadak. Sebaiknya langsung hubungi pelanggan Anda dan jelaskan masalah Anda. Sehingga mereka dapat memaklumi dan tidak mulai kecewa bersama Anda.

Selain itu, jangan Anda menyanggupi kalau Anda mulai tidak mampu. Contohnya pelanggan berharap jahitannya wajib menjadi 3 hari biarpun wajib membayar lebih mahal. Karena Anda tergiur bersama ongkosnya, Anda menyanggupi saja. Tapi dikala Anda tidak dapat menyelesaikannya, dapat saja pelanggan Anda bakal marah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *