menyimpan sayuran di kulkas

Berikut Cara Menyimpan Sayuran Di Kulkas Agar Terjaga Kualitasnya

Assalamualaikum Wr. Wb. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menyimpan sayuran di kulkas. Sayuran adalah bahan pangan yang berasal dari tumbuhan, yang mengandung kadar air yang tinggi dan dapat dikonsumsi dalam keadaan segar maupun dioleh terlebih dahulu. Bisa juga menggunakan mesin vacuum selaer agar mencegah kelembaban dari sayuran tersebut.

Baca juga Web utama kami Rumah Mesin

Berikut Ini Cara Menyimpan Di Kulkas

1. Pilih Sayuran yang Berkualitas

Jika anda membeli sayuran atau buah-buahan anda lebih baik jika anda memilih yang burkualitas. Karena berupaya untuk mencegah sayuran layu saat disimpan ke dalam kulkas. Jika anda minyimpan sayuran yang tidak berkualitas tetap sayur akan menjadi layu dan busuk.

2. Pastikan Suhu Kulkas Tepat

Jika anda tidak tepat untuk mengatur suhu dalam kulkas akan menyebabkan kemunculan terhadap bakteri. 1 sampai 4 derajat celcius merupakan suhu yang ideal yang baik untuk sayuran dan buah-buahan. Jika suhu lebih tinggi dari suhu tersebut makan bisa menimbulkan bakteri yang dapat memengaruhi rasa dan aroma sayuran tersebut. Dan jika lebih rendah akan menyebabkan sayuran tersebut membeku.

3. Jaga Kelembaban Kulkas

Jagalah kelembaban kulkas saat anda menyimpannya di dalam kulkas. Anda bisa menjaga kelembaban kulkas dengan tidak sering membuka tutup kulkas dan membersihkan bantalan karet kulkas secara rutin.

4. Pisahkan Sayuran dan Buah

Jika anda pernah mendengar jika alpukat disimpan didalam tas yang berisi apel. Alasannya karena apel menghasilkan gas yang sering disebut etilena, yang dapat mempercepat proses pematangan buah dan sayuran yang ada di dekatnya.

5. Jangan Dicuci Sayuran

Jangan mencuci sayuran karena dapat menyebabkan kelembaban terhadap sayuran dan akan mempercepat proses pembusukan. Terdapat dua sayuran yang dapat dicuci yaitu asparagus dan bawang. 

6. Bungkus Sayuran Hijau

Sayuran hijau baiknya dikonsumsi dalam 1 sampai 2 hari setelah pembelian untuk memastikan kesegaran sayuran dan dapat mendapatkan semua nutrisi sayuran. Jika anda ingin menyimpannya cara yang terbaik adalah dengan membungkus sayuran dengan handuk kertas sehingga dapat menyerap kelebihan air. 

7. Singkirkan Batang Sayuran

Singkirkan batang sayuran yang berada di anatara sayuran karena dapat terus mengeluarkan uap air, ini juga merupakan jika anda ingin menyimpan sayuran dalam waktu yang lama karena dapat membuat sayuran menjdai mudah busuk. Anda harus memotong batang atau tagkai sayuran seperti tangkau wortel dan bit sebelum anda simpan.

8. Perhatikan Lama Penyimpanan

Jika anda meyimpan sayuran di dalam kulkas juga membutuhkan perhatian lebih akan waktu. Sayuran kira-kira hanya bertahan 2 sampai 5 hari, selama lama di dalam kulkas juga akan mempengaruhi kualitas sayuran bahkan bisa sampai membusuk. Jika sayuran dibiarkan terus-menerus maka akan mempengaruhi sayuran yang berada didekat sayuran tersebut. Cara yang mudah yaitu, pada wadah penyimpanan sayuran tersebut diberi catatan waktu maksimal sayur harus disimpan, Bertujuan agar setiap membuka kulkas anda mudah teringat untuk mengecek kembali kondisi sayuran.

9. Jaga Kebersihan Kulkas

Jagalah kebersihan saat anda menyimpan makanan baik sayuran ataupun buah baik di tempat yang bersih maupun wadah yang bersih. Dan juga kulkas yang menjadi tempat penyimpanannya. Pastikan jika tidak ada makanan yang basi atau berbau tidak sedap di kulkas. Dan juga memastikan bahwa kualitas dan kesegaran sayuran juga terjaga karena tidak terpengaruh oleh makanan yang basi.

Baca juga : Cara Membuat Tahu Bakso yang Enak dan Mudah Untuk Dicoba

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang cara menyimpan sayuran di kulkas bermanfaat dan berguna bagi anda. Selamat mencoba…

Terima kasih:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *