Cara Merawat Marmut Di Rumah

Pada kesempatan kali ini saya mu mengulas cara merawat marmut di rumah.

Cara merawat marmut merupakan hal yang sangat perlu kita pahami dari pihak yang merawatnya. Seperti yang kita ketahui, marmot adalah hewan yang kecil dan menggemaskan. Kami sering menyebut hewan ini sebagai kelinci percobaan. Guinea pig juga merupakan sebutan untuk hewan lucu yang memiliki kemiripan dengan hamster di bagian wajah dan kelinci di bagian samping badan.

Kamu tahu? Tidak sedikit orang yang menjadikan hewan ini sebagai hewan peliharaan karena tingkahnya yang lucu dan tubuhnya yang mungil. Apakah Anda tertarik untuk menyimpannya juga? Jika iya, Anda perlu mengetahui cara merawat hewan ini agar tidak salah.

Kisaran harga marmut di Indonesia saat ini mulai dari Rp. 35.000 – Rp. 6.000.000, harga marmot ini bervariasi tergantung pasar.

Berikut Cara Merawat Marmut Dengan Baik Dan Benar

cara merawat marmut

Cara merawat marmut

Harga Marmut bervariasi antara Rp. 30.000 hingga jutaan rupiah. Semakin indah dan manis bentuknya, semakin mahal harganya. Misalnya rambut panjang Abyssinian, Peruvian rambut panjang, tipe Amerika dan sutra. Semua jenis marmot hias harganya ratusan ribu hingga jutaan.

Mungkin aneh rasanya rela menghabiskan banyak orang untuk marmot ini. Tapi marmot tidak berbeda dengan anjing atau kucing. Keduanya adalah hewan menggemaskan yang bisa menjadi teman Anda. Apalagi jika marmot dirawat dengan baik. Biasanya hewan ini sangat efektif dalam terapi psikologis manusia. Jadi suasananya lebih bahagia.

Marmot lebih kecil dari hewan peliharaan lainnya, tetapi mereka membutuhkan banyak ruang untuk bergerak. Selain itu, membesarkan marmot membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan perhatian pada marmot Anda. Saat Anda siap untuk menyediakan rumah dengan makanan yang cukup, perhatian, banyak ruang, serta perawatan dan pemeriksaan kesehatan, marmot Anda akan menjadi hewan peliharaan yang bahagia, sehat, dan menyenangkan. Pelajari cara merawat marmot dengan baik dan benar.

1. Memelihara Dua atau Lebih Marmut

Sangat disarankan untuk memelihara dua marmot. Bagi anda yang tertarik beternak hewan ini, kami sangat menyarankan untuk membeli dua ekor marmot atau lebih untuk kita pelihara. Artinya, marmot tidak akan merasa kesepian dan mungkin mengalami stres yang memengaruhi kesehatannya.

Ya, marmot juga merupakan makhluk yang secara alami membutuhkan teman. Pastikan ada marmot jantan dan betina di dalam kandang yang sama-sama steril. Tujuan menyatukan kedua marmot ini adalah untuk mengembangbiakkannya agar nantinya memiliki banyak keturunan.

2. Menyediakan Makanan dan Minuman yang Sesuai dan Teratur

Setelah Anda melakukan cara perawatan marmot di atas, langkah selanjutnya adalah proses perawatan. Anda harus berhati-hati tentang cara Anda makan dan minum marmot. Selain memilih makanan marmot yang bergizi, Anda juga harus memperhatikan kebersihan tempat makan dan minum marmot.

Anda bisa menempatkan makanan marmot di dalam kandang untuk dimakan dan diminum. Tapi jangan taruh di mangkuk yang nantinya bisa mengeringkan dan buang air kecil. Nah, tempat ini perlu dibersihkan secara rutin agar terhindar dari bakteri yang bisa membahayakan kesehatan marmot.

Ada beberapa makanan marmot yang baik tersedia untuk mereka, termasuk sayuran berdaun hijau. Pilih sayuran yang mengandung nutrisi seperti vitamin C. Sayuran ini antara lain seledri, wortel, tomat, ketimun, kangkung, jagung, bayam, brokoli, dan kacang polong. Untuk buahnya, Anda bisa memberi marmot apel atau stroberi. Sediakan rumput atau jerami atau rumput yang sudah dipangkas dengan mesin pencacah rumput multifungsi agar mudah dicerna marmut.

Harap dicatat bahwa marmot adalah pengunyah. Jadi, sebanyak yang Anda bisa, beri mereka makanan untuk dikunyah saat mereka lapar. Makanan ini seperti rumput atau jerami. Pastikan Anda memilih rumput yang mudah dikunyah dan tidak melukai marmot. Untuk jerami, karena memiliki tekstur yang tajam, potong-potong terlebih dahulu sebelum ditambahkan.

Jika marmot Anda lebih tua dari 6 bulan, Anda bisa memberi mereka jenis rumput seperti timothy, orchard, atau bluegrass. Anda bisa menyediakan rumput sebagai camilan untuk marmot. Kamu tahu? bahwa gigi marmot terus tumbuh? Mereka selalu membutuhkan sesuatu untuk digerogoti sehingga mereka sangat menyukai makanan kasar seperti rumput dan jerami

3. Latih dan Berinteraksi dengan Guinea Pig Anda

Sama seperti memelihara kucing atau anjing, merawat marmot membutuhkan pelatihan agar bisa aktif. Anda bisa mengajaknya bermain di area yang cukup luas.

Pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas atau terlalu dingin, karena dapat memengaruhi kesehatan marmot Anda. 

Beberapa Jenis Marmut yang Bisa Anda Pelihara

Salah satu cara merawat marmut adalah memperlakukan mereka seperti anak-anak. Pikirkan Marmot seperti bayi yang kita rawat dengan cinta yang besar. Marmot adalah hewan yang cerdas. Itu dapat menanggapi perlakuan manusia apa pun dari pemiliknya. Seperti Fuzzberta ini, dia diminta memotret. Mengenakan pakaian dan kacamata juga diam dan reaktif.

1. Marmut lokal atau Amerika

Jenis marmot pertama yang akan sering Anda lihat adalah marmot lokal atau Amerika. Memang benar marmot lokal masih hidup di habitat yang sama dengan marmot Amerika.

Karena itu, mereka dianggap sama, tetapi hanya berbeda ras. Bulu marmut lokal ini juga cukup pendek. Harganya sendiri berkisar Rp. 15.000 sampai Rp. 100.000 per kepala dan cara memilahara marmut jenis ini cukup mudah.

2. Marmut Texel

Jenis marmot berikutnya adalah marmot Texel. Kelinci percobaan ini memiliki tubuh yang sangat imut. Tubuhnya yang gemuk dan manis membuat pecinta marmut ketagihan. Sayangnya spesies ini sangat sulit didapat karena sangat jarang manusia mengembangbiakkan marmot tersebut. Jika bisa menemukannya di toko, Anda perlu menyiapkan budget sekitar Rp. 3.000.000.

Alpaca Marmut mirip dengan Texel Marmut. Perbedaannya terlihat pada bulunya, yang tidak sepanjang Texel Marmut. Bulu alpaka juga keriting dan manis.

Untuk membeli marmot ini, Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp 2.000.000 hingga 3.000.000. Namun perlu kita ketahui bahwa marmot jenis ini memiliki tingkat kelangsungan hidup yang rendah, oleh karena itu Anda perlu ekstra hati-hati saat merawat marmot agar bisa berumur panjang.

3. Kelinci percobaan Abbysinian

Selanjutnya adalah marmut berambut panjang bernama Abbysinian Marmut. Marmot ini dikatakan cukup unik karena memiliki tulang punggung di badannya dan bulu panjang yang hampir menutupi wajahnya. Harga marmot jenis ini berkisar Rp. 1 juta. Agar bulunya tetap bagus, Anda perlu memperhatikan cara Anda merawat marmot ini.

4. Kelinci percobaan Peru

Marmot Peru merupakan salah satu jenis marmot yang harganya cukup tinggi, sekitar Rp 2.000.000. Tak heran, penampilan marmot begitu unik.

Bulu marmot ini sangat panjang dan halus. Jika mereka berjalan, bulu mereka terlihat seperti sedang menyapu lantai. Wah, terlihat imut kan?

Manfaat Cara Merawat Marmut

Siapa bilang merawat marmot itu berbahaya? Sebaliknya, marmot merupakan hewan yang memiliki banyak manfaat jika kita membandingkan risikonya. Faktanya, orang mengatakan bahwa memelihara marmot lebih baik jika dibandingkan dengan memelihara hamster. Inilah alasannya:

1. Memelihara marmut tidak menggigit seperti hamster

Dari segi penampilan, hamster lebih imut jika dibandingkan dengan marmot, namun dari segi karakter, marmot lebih ramah lingkungan dan ceria. Berbeda dengan hamster dan kelinci, hewan ini tidak suka menggigit pemiliknya. Beberapa marmot suka menggigit dan agresif terhadap pemiliknya, sedangkan kelinci suka berlari di depan pemiliknya.

2. Cara merawat marmot sangat mudah

Guinea pig adalah hewan peliharaan yang mudah, bahkan untuk pemula. Sejak lahir, hewan pengerat ini sudah bisa mandiri. Rata-rata, marmot yang sedikit lebih tua dapat menemukan makanan dan mandiri. Saat marmot marah, mereka biasanya mengertakkan gigi tetapi tidak menggigit. Marmot memakan tanaman dan sayuran karena mereka herbivora. Jangan lupa sediakan air minum untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Hewan Lucu Guinea Pig

Marmot adalah hewan pengerat yang lucu. Itulah salah satu kelebihannya. Wajahnya bulat dan imut, jika besar bisa seukuran kaki orang dewasa. Mudah bagi kami untuk bermain dengannya, terutama saat dia selalu bersih. Alangkah baiknya jika mereka menjadi pasangan hidup kita.

4. Cara merawat marmut yang mudah diternakkan dan dijual

Jika Anda serius ingin terjun ke bisnis ini, Anda bisa mendapatkan banyak uang dari kelinci percobaan. Karena dagingnya sendiri memiliki banyak manfaat, banyak dokter yang menyatakan bahwa daging marmot memiliki khasiat dan obat untuk kemandulan, patah tulang, penyakit hati, dan nefritis. Oleh karena itu, Anda bisa menjualnya untuk hobi di pasar untuk kita konsumsi, kita juga bisa menjadikannya hewan peliharaan.

5. Guinea Pig yang Ramah Dibesarkan oleh Anak-anak Bahkan

Tidak benar bahwa marmot berbahaya untuk dipelihara. Padahal hewan ini bahkan sangat bersahabat dengan anak-anak, seperti yang saya tulis di atas bahwa hewan

ia tidak suka menggigit dan memberontak. Meski demikian, para orang tua tetap perlu mengawasi marmot agar tidak jatuh atau menjadi mainan yang berbahaya oleh anak-anaknya.

6. Marmut mudah jinak

Guinea pig, tentu saja, seperti anjing atau kucing, yang sangat mudah dijinakkan. Ia termasuk hewan yang pintar karena ia dapat dengan mudah mengetahui siapa pemiliknya. Yang penting Anda mengajaknya bermain dan sering berkomunikasi serta memberinya nama yang baik untuk hewan peliharaannya.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat merawat marmut di rumah

Tidak adil berbicara hanya tentang manfaatnya. Guinea pig juga memiliki kekurangan dan risiko untuk kita pelihara dan bahkan bisa berbahaya jika dianggap terlalu ringan. Namun bahayanya tidak seperti memelihara hewan liar. Ayo, perhatikan agar Anda tidak salah paham.

1. Marmut Cepat Kotor

Risiko ini tidak berlaku bagi orang yang membersihkan kandang marmot secara disiplin dan rajin. Marmot memiliki pencernaan yang cepat, jadi tidak mengherankan jika kandang mereka mudah terisi oleh kotoran, bahkan jika mereka tidak berbau. Namun jika menumpuk banyak juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Karena itu, rawat kandang marmot Anda dengan baik dan bersihkan serta buang kotoran secara teratur. Bersihkan setidaknya selama 30 menit seminggu.

2. Kelinci percobaan yang sakit tidak bisa diajak bermain

Saya pernah mengalami marmot yang menderita penyakit kulit seperti jamur atau bisul. Entah kenapa kulit saya gatal setelah saya menyentuhnya. Mungkin itu penyakit bakteri yang telah menyebar ke saya. Jika marmot Anda memiliki masalah kulit, kami harus mengarantina atau memisahkannya dari teman-temannya dan mengobatinya.

3. Kencing marmut agak pesing

Memang tidak sepanas hamster, tapi kencing marmot masih mengandung air seni. Untuk melakukan ini, Anda harus rajin memandikan dan membersihkan tubuh marmot agar tetap terlihat cantik dan imut. Karena hewan yang bersih dan lucu membuat hati kita senang.

Tips cara merawat marmut

Guinea pig adalah hewan peliharaan yang bagus untuk anak-anak dan orang dewasa. Marmot jinak tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Jika kami merawatnya dengan baik, marmot dapat hidup cukup lama untuk menemani Anda selama beberapa tahun. Berikut beberapa tips untuk merawat marmot kesayangan Anda.

Tips Cara Merawat Marmut Dalam Ruangan:

• Kelinci percobaan yang kita bagi atau biarkan bermain di ruangan tertutup merasa senang saat kita meletakkan tempat makan atau minum di bawah meja kecil. Perlu kita ketahui bahwa marmot selalu ketakutan jika berada di tempat dengan atap yang terlalu terbuka.

• Sediakan selembar kain sebagai alas lantai di bawah furnitur pendek sehingga Anda bisa tidur di bawahnya. Meskipun marmot kecil kemungkinannya untuk mengunyah benda-benda seperti kabel listrik, seperti kelinci, Anda tetap harus menjauhkan kabel tersebut dari tempat bermainnya. Ingatlah bahwa marmot masih tertarik untuk mengunyah tali yang lebih tipis, seperti kabel pengisi daya ponsel.

• Marmot memakan kotorannya sendiri. Fenomena ini sering disebut sebagai coprophagy dan bersifat alami. Anda sering dapat melihat mereka mencoba memegang atau menyentuh anusnya, tetapi jangan kaget. Saat mereka mencerna limbahnya, mereka mendapatkan nutrisi penting yang berasal dari bakteri yang ada dalam limbah tersebut.

• Jika marmot Anda tiba-tiba melompat atau memutar lehernya dengan cepat saat melakukan lompatan ringan, marmot Anda tidak mengalami kejang. Fenomena ini disebut popcorning dan bisa menjadi tanda bahwa marmot Anda sedang bahagia atau sedang berusaha menyalurkan energi berlebih, seperti seekor kucing yang tiba-tiba ingin berlarian di sekitar rumah.

• Pastikan Anda menyediakan setidaknya satu area yang empuk dan nyaman di dalam kandang untuk marmot Anda.

• Jangan memelihara dua atau lebih marmot dari jenis kelamin yang berbeda di dalam kandang yang sama. Namun, Anda bisa memeliharanya di kandang yang sama jika salah satu atau keduanya sudah dinetralkan.

• Guinea pig membutuhkan tempat yang nyaman dan aman untuk tidur.

Tips Cara merawat marmut di luar ruangan:

• Beberapa orang membiarkan marmot bermain dan berlarian di sekitar rumah. Kelinci percobaan yang kami pelihara dengan cara ini biasanya hidup di dalam ruangan dan di “taman bermain” mereka. Selain itu, marmot yang kita mainkan dan jalankan dengan bebas lebih bahagia dan lebih sehat.

• Marmot adalah makhluk yang sangat sosial. Pastikan Anda menunjukkan banyak kasih sayang, tetapi jangan bersikap kasar atau tidak sabar jika marmot masih tidak dekat dengan Anda.

• Marmot bisa mengunyah apa saja. Ketika Anda melepasnya dan membiarkannya berputar-putar di kamar Anda ketika Anda telah menyimpan dokumen penting, buku, dll.

• Anda dapat menyelamatkan nyawa marmot dengan melihat marmot di toko hewan peliharaan di kota Anda. Pastikan mereka semua mendapat makanan, air minum dan tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit. Jika mereka tidak mendapatkan cukup makanan atau udara dan / atau memiliki gejala sakit, segera beri tahu manajer toko.

Dari penjelasan yang telah diuraikan pada artikel tentang cara merawat marmot maka dapat kita tulis sebuah kesimpulan yaitu beternak marmot tentunya berdampak positif bagi kesehatan fisik dan mental bagi pemelihara marmot. Selain itu dengan memelihara marmot maka akan mendekatkan kita dengan alam sekitarnya serta meningkatkan kedisiplinan dan tentunya membuat kita semakin rajin dalam merawat marmut.

Sekian dar saya bila ada kurang dan lebihnya saya mohon maaf.Terima kasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *