Resep Kue Lepet Jagung

Apa kalian tahu gambar diatas? ya benar gambar diatas adalah makanan khas Indonesia yaitu Lepet Jagung. Apa kalian tahu apa itu lepet jagung? Lepet jagung adalah makanan yang bahan dasarnya dari parutan jagung. Lepet jagung pada umumnya diedarkan untuk jajan pasar sebagai makanan sela atau suguhan tamu. Untuk itu saya kali ini akan mengulas sedikit tentang jagung,simaklah berikut ini!

A. Jagung

Jagung atau dikenal dengan nama latinya Zea mays L merupakan makanan pengganti beras, orang jaman dulu kalau beras belum ada atau habis mereka menggantinya dengan jagung. Jagung adalah makanan yang mengandung karbohidrat makanya dia menjadi pengganti nasi.

B. Manfaat Jagung

  • Bagus untuk mata karena mengandung vitamin A
  • Berguna sekali bagi orang yang sedang diet dengan cara menurunkan berat badan
  • Baik juga bagi penderita diabetes
  • Menjaga jantung tetap sehat
  • Menambah energi untuk tubuh
  • menjadi sumber serat dan mengurangi sembelit
  • Bisa membantu menyehatkan pencernaan

Nah, penjelasan diatas adalah tentang manfaat jagung,sebenarnya manfaat jagung tidak hanya itu masih banyak lagi manfaat jagung untuk manusia.

F. Kandungan Gizi

Jagung adalah tanaman yang mengandung banyak kandungan nutrisi baik. Pada biji Jagung yang utuh mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan sehingga banyak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Biji jagung banyak akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endosperma. Kandungan karbohidrat bisa mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji. Bentuk pati yang akan kaya karbohidrat pada umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan,patinya sebagian besar atau seluruh  adalah amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berakibat pada kandungan gizi, namun lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Amilopektin terkandung lebih sedikit pada jagung manis namun mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.

Setelah kita mengulas semua tentang pegertian jagung, manfaat jagung, ciri-ciri tumbuhan jagung, jenis-jenis jagung,dan cara bercocok tanam kita akan membahas lagi tentang bagaimana sih cara mengolah lepet jagung/apa aja resep lepet jagung jagung pasti kalian pengen tau, maka dari itu kita akan membahasnya. O iya untuk membuat lepet j jagung kita harus bisa memisahkan antara biji dengan batangnya, cara agar bisa terpisah kita bisa menggunakan mesin perontok jagung .

Kue Lepet

Bahan:

  • Silahkan siapkan 1 kg – beras ketan.
  • Silahkan siapkan 1 buah – kelapa parut.
  • Silahkan siapkan 1/2 kg – kacang tunggak.
  • Silahkan siapkan Secukupnya – daun pisang.
  • Silahkan siapkan Secukupnya – tali rafia.
  • Silahkan siapkan Secukupnya – garam

Cara Membuat:

  1. Siapakan semua bahan, rebus kacang setengah matang, rendam ketan sekitar 6 jam, kemudian parut kelapa sampai habis 1 buah.
  2. Kemudian siapkan wadah, cuci sampai bersih ketan, tiriskan ketan yg telah di rendam, setelah itu masukan kelapa taburi garam sesuai selera sampai gurih, setelah itu masukan kacang yg sudah di rebus, urap sampai rata.
  3. Siapkan daun pisang, ambil kurang lebih 3 sendok, lipat , kemudian tali wangsul sampai rapat pakai tali rafia.
  4. Sembari membungkus kue lepet, masak air sampai mendidih ya, untuk merebus kue lepet, setelah semua selesai di bungkus, rebus kue lepet sampai matang, selesai selamat mencoba.

Demikianlah penjelasan tentang artikel Resep Lepet Jagung Semoga penjelasan-penjelasan yang diberikan dapat dipahami dengan baik, selamat mencoba dan semoga bermanfaat,bila ada salah dan kurang dalam penjelasan ini saya mohon maaf.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *