Pakan Puyuh Petelur Agar Kualitas Telur Maksimal

Burung puyuh selain diminati dagingnya, juga telurnya. Jajanan aman untuk anak – anak telur puyuh termasuk favorit mereka. Melihat pasar yang masih menjanjikan dengan unggas yang satu ini, maka menjadi lazim kita temui juga peternakan burung puyuh, selain peternakan ayam dan bebek.

Sebagaimana peternakan pada umumnya, terdapat tahap – tahap yang harus dipersiapkan sebelum menjalankan proses cara ternak burung puyuh. Seperti menyediakan lahan untuk membangun kandang pembudidayaan burung puyuh. Lalu menyediakan bibit yang baik.

Bisa saja Anda memulainya dengan menetaskan telur – telur burung puyuh. Namun untuk langkah lebih cepatnya, Anda bisa langsung membeli burung puyuh dewasa yang  siap bertelur dan mengerami telurnya sendiri. Dengan demikian angka keberhasilan penetasan akan lebih tinggi dibandingkan dengan menetaskan sendiri dalam inkubator khusus.

Kemudian langkah – langkah pemeliharaan hingga pemanenan telur, seperti pemberian pakan, pemberian vitamin, vaksinasi, hingga sanitasi kandang yang harus tetap terjaga.

Untuk menghasilkan kualitas telur yang baik, maka asupan nutrisi bagi burung puyuh juga harus diperhatikan. Sudah banyak dijual pakan burung puyuh petelur buatan pabrikan, namun bila hanya mengandalkan itu saja bisa jadi hasil bersih panen tidak cukup memuaskan.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan pakan burung puyuh buatan sendiri. Dengan demikian, Anda dapat menekan biaya operasional seminim mungkin.

Jenis Pakan Burung Puyuh Petelur

Berikut ini adalah beberapa jenis pakan puyuh petelur bernutrisi tinggi serta memiliki kualitas yang baik yang bisa anda berikan.

1. Jagung

Jagung termasuk salah satu jenis pakan yang sudah sering diberikan kepada burung. Biji jagung di dalamnya terdapat kandungan gizi yang baik dan pastinya juga terdapat kamdungan karbohidrat sebagai salah satu sumber energi untuk tubuh burung.

Jagung kuning biasanya juga banyak digunakan untuk pakan burung puyuh ini sebab memiliki nutrisi yang tinggi. Walaupun mengandung banyak nutrisi baik, penggunaan biji jagung pada umumnya akan dicampur dengan jenis pakan lain untuk bisa mengefisiensikan biaya. Sebab, memang harganya cukup mahal.

Jagung yang akan di berikan kepada puyuh sebaiknya di giling terlebih dahulu sampai halus. Anda bisa menggiling jagung tersebut menggunakan mesin pembuat pakan ayam.

2. Dedak Padi

Jenis pakan burung puyuh petelur yang bisa anda berikan selanjutnya yaitu berupa dedak padi. Dedak padi atau yang pada umumnya disebut sebagai bekatul ini termasuk salah limbah hasil pengolahan padi untuk menghasilkan beras.

Dedak padi dialamnya juga terdapat kandungan protein serta sumber energi untuk burung puyuh/ Akan tetapi, sebaiknya diperhatikan apabila diberikan kepada burung puyuh muda. Hal ini sebab terdapatnya kandungan serat kasar yang ada pada dedak padi yang sulit dicerna oleh burung puyuh.

Sebaiknya jenis pakan ini tidak disimpan terlalu lama, sebab mempunyai kandungan lemak tinggi yang dapat menagkibatkan bau yang tidak enak dan juga mengumpal.

3. Sorgum

Sorgum merupakan jenis pakan burung puyuh yang hanya ada di beberapa daerah tertentu. Pakan ini mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi dari pada dengan biji jagung dan ada kandungan xantofilnya.

Walaupun kandungan nutrisinya tinggi, sorgum ini mempunyai kandungan antinutrisi diantaranya yaitu tanin yang menyebabkan protein menjadi sulit tercerna dengan baik. Untuk pemberiannya, sebaiknya anda semua pilih sorgum yang keadaannya tidak berwarna. Sebab, jika sorgum tersebut semakin berwarna maka semakin tinggi kandungan taninnya.

4. Tepung Tulang

Tepung tulang ternyata bisa sendiri dengan bahan dasar sisa sisa dari pemotongan hewan. Untuk cara membuat tepung tulang yaitu dengan cara merebus tulang sampai sedikit lunak dan matang. Dan kemudian dikeringkan lalu digiling sampai benar-benar menjadi tepung.

Tepung ini mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk dijadikan sebagai pakan puyuh petelur. Diantaranya yaitu seperti kalsium dan juga phospor. Tepung tulang ini hanya dijadikan sebagai tambahan campuran pakan burung puyuh petelur saja.

5. Pollard

Tak hanya diberikan dedak padi, pollard atau dedak gandum ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu dari beberapa jenis pakan burung puyuh petelur. Pollard juga mempnyai kandungan nutrisi seperti protein, lemak, serta serat yang kasar.

Walaupun di dalam pakan ini terdapat kandungan nutrisinya cukup banyak, untuk penggunaan pollard perlu dibatasi. Hal ini disebabkan adanya kandungan serat kasar yang bisa mengakibatkan gangguan pencernaan yang ada pada burung puyuh.

6. Singkong

Jenis pakan lain yang bisa anda manfaatkan sebagai makanan burung puyuh petelur yaitu berupa singkong. Kandungan energi metabolisme yang terdapat pada singkong ininhampir sama dengan jagung. Akan tetapi untuk proteinnya tidak terlalu tinggi.

Mengatasi keterbatasan bahan pakan

Namun bila Anda kesulitan memeroleh bahan – bahan di atas, sekarang telah dikenal pakan burung puyuh alternatif, azolla. Yaitu tanaman yang mengandung nutrisi lebih baik dari tanaman lainnya. Tanaman ini bisa Anda budidayakan sendiri, caranya mudah dan tentu saja ramah lingkungan.

Azolla bisa Anda panen di segala musim, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan ketersediaan bahan untuk membuat pakan burung puyuh Anda. Azolla memiliki kandungan protein mencapai 23% dari berat bersih (kering tanpa unsur air) per kilogramnya.

Baca juga : Berbagai Macam-Macam Kandang Ternak Ayam

Dengan memanfaatkan azolla pada pakan buatan, Anda bisa menekan biaya pakan hingga 50%. dengan kandungan tersebut memungkinkan untuk meningkatkan produksi telur. Azolla bisa dikatakan sebagai pakan burung puyuh yang baik karena sifatnya alami.

Pembudidayaannya pun tidak memerlukan unsur kimia sehingga aman bagi ternak burung puyuh Anda. Dengan demikian, kualitas telur puyuh dari ternak Anda pun bisa Anda tingkatkan.

Pemberian pakan yang sesuai bagi perkembangan dan masa burung puyuh untuk bertelur, yaitu kandungan protein dan karbohidrat yang baik, maka telur puyuh yang bisa Anda panen juga akan optimal kuantitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *