Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Modal Yang Cukup Terjangkau

Ternak bebek petelur bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menggiurkan. Ada dua jenis ternak bebek yaitu bebek pedaging dan petelur. Artikel kali ini mau menjelaskan tentang ternak bebek petelur.

Ternak Bebek

Telur bebek memiliki sangat banyak manfaat untuk tubuh jika dibandingkan dengan telur unggas lain, sebab menurut para ahli, kandungan vitamin dalam telur bebek lebih bayak daripada telur ayam.

sedangkan harga telur bebek lebih unggul daripada telur ayam. Maka dari itu tak perlu diragukan lagi kalau bisnis ini sangat menguntungkan. Bagi kalian yang tertarik untuk ternak bebek petelur.

Berikut ini langkah-langkah tentang ternak bebek petelur dan bagaimana cara memulainya.

Persiapan Lahan Kandang

Bebek tergolong dalam kategori unggas. Maka dari itu anda perlu persiapkan lahan yang luas dan jauh dari rumah penduduk. Hal itu demi menghindari penularan penyakit berbahaya kependuduk sekitar, dari hewan unggas.

Ternak bebek idealnya memulai dengan 100 ekor bebek. Pastikan lahan kandang yang anda miliki cukup untuk menampung semua bebek.

Kandang Bebek Petelur

Ada beberapa jenis kandang yang terkenal dikalangan para peternak bebek, tapi hanya tiga jenis yang paling sering dipakai adalah, kandang panggung, litter dan kandang baterai.

Kandang bebek jenis panggung memiliki bentuk sama seperti panggung dan berada diatas permukaan tanah. Kandang panggung memiliki kelebihan membuat bebek terhindar dari risiko berbagai penyakit,

karena alasnya kandang selalu kering. Namun kekurangannya, bebek tidak bisa mengambil mineral yang terkandung dalam tanah.Kandang litter, berbentuk seperti kandang bebek pada umumnya,

hanya terdiri dari pagar berbentuk persegi, beserta ruang tertutup dan ruang umbaran. Kandang jenis ini lebih murah dalam pembuatannya. Dan terakhir kandang baterai. Kandang ini terletak diatas, hampir sama dengan kandang panggung,

tetapi bentuk kandang ini bertingkat, sekitar 3-4 tingkat. Dibagian alasnya dibuat miring 30 derajat ke depan untuk mempermudahkan memanen telur yang akan diternakkan. Kandang baterai dinilai paling cocok untuk ternak bebek petelur.

Luas kandang bebek petelur 100 ekor bisa lebih besar dari kandang bebek pedaging, umumnya berkisar 4 x 14m. Selain jenis dan luasnya, yang harus kamu perhatikan dari kandang bebek adalah suhu kandang tersebut.

Kandang bebek bersuhu 27-30 derajat celcius. Cara menjaga agar suhu kandang tetap aman ialah dengan menutup sebagian sisi kandang menggunakan plastik.

Persiapan membeli Bibit Bebek Petelur Yang Unggul

sesudah lahan dan kandang sudah tersedia, selanjutnya anda tinggal membeli bibit bebek petelur yang bagus. Didalam peternakan, istilah bibit bebek disebut dengan Day Old Duck (DOD). Bibit bebek sudah bisa dibeli bahkan sejak usia 1-10 hari setelah menetas. 

Agar ternak bebek petelur sukses, kamu harus memastikan bibit yang dibeli berkualitas. Ciri-ciri bibit yang berkualitas di antaranya adalah memiliki bobot 38-40 gram, gerakannya lincah dan agresif, tidak ada kecacatan di dalam fisiknya, paruhnya mengkilap, suaranya bagus, dan bulunya halus. 

Mempersiapkan pakan bebek petelur dan perawatan lainnya 

Sebelum memasuki masa panen, perawatan yang rutin diperlukan sampai usia bebek mencapai umur siap bertelur. Cara merawat bebek tersebut meliputi pemberian pakan setiap hari, pembersihan kandang, pemberian vaksin. 

Untuk bisa menghasilkan telur yang berkualitas, bebek petelur perlu diberikan pakan yang sesuai. Pakan tersebut harus mengandung tinggi protein, energi, dan mineral. Beberapa peternak lebih memilih untuk meracik sendiri pakannya dari biji-bijian,

dan sayuran yang kemudian dicampur dengan konsentrat pabrikan. Anda bisa mencapur bahan tersebut menggunakan mesin pembuat pakan ayam. Selain pakan, jangan lupa juga untuk mengecek suhu kandang setiap saat.

baca juga : Fermentasi Pakan Ternak

Pastikan suhunya berada di kisaran 27 sampai 30 derajat celcius. Kalau terlalu panas atau terlalu dingin, bebek akan rentan terhadap penyakit dan berisiko mengalami kematian.

Masa Panen Telur

Pada umumnya, bebek bisa mengeluarkan telur pada usia 5 bulan sampai 7 bulan. Tapi di masa awal-awal umur produktif, jumlah telur yang dihasilkan masih belum stabil. 

Dari 100 ekor yang dimiliki, mungkin hanya 30 sampai 50 telur yang didapat. Lama kelamaan, telur yang dihasilkan bisa meningkat misal 70-80 telur per hari. Namun sayangnya, saat usia bebek menginjak angka 12 bulan ke atas, produktivitasnya akan menurun.

Kamu bisa mengambil telur-telur tersebut setiap harinya jam 6 pagi. Setelah telur terkumpul, kamu bisa menimbangnya deh, berapa yang didapat, dan kemudian dijual ke pasar atau warung kelontong. Harga telur bebek per butirnya berkisar antara Rp 2.500 – Rp 3.000. 

One comment

  1. […] Baca Juga : Cara Ternak Bebek Petelur Dengan Modal Yang Cuku Terjangkau […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *