Cara Membuat Rawon Yang Enak

Kalian sedang bingung ingin masak daging sapi tapi tidak tau mau di buat apa? berikut cara membuat rawon sapi spesial, Kalian bisa menjadikan daging sapi menjadi makanan spesial dan bisa kalian coba di rumah.

Rawon merupakan salah satu makanan yang paling mencukupi oleh banyak orang Indonesia. Di Indonesia, orang mentah juga memiliki banyak pengaruh asing yang telah berkembang sejak lama dengan kearifan lokalnya dan kini menjadi ragam masakan tradisional yang sangat banyak dinikmati.

Namun rawon ini tergolong makanan yang paling banyak disukai orang karena penampilannya yang unik dan rasanya yang enak. Bahkan rawonnya terkenal sampai ke seluruh pelosok nusantara. Maka tidak heran jika banyak orang Indonesia memasak dan suka rawon ini sebagai makanan rumahan. Resep daging rawon juga memiliki resep yang beragam.

Hidangan rawon ini biasanya berisi nasi yang disajikan dengan kuah dan daging yang diiris kecil-kecil di dalamnya. Bumbu kluweknya sangat khas. Kluwak merupakan salah satu tumbuhan yang tumbuh secara liar atau setengah liar. Biji kluwak ini digunakan sebagai bumbu pelengkap masakan tradisional Indonesia yang dapat memberi warna hitam pada pada rawon. Rasa dari sambal rawon yang manis ini akan membuat soto tersebut enak dan banyak orang.

Kuah mentah terbuat dari daging sapi rebus dan yang unik adalah yang berwarna hitam pekat. Pasalnya, buah kluak menghasilkan warna hitam pekat dan juga pewarna alami. Isi buah kluak ini direbus terlebih dahulu dan digunakan dengan kuah rawon yang untuk memasak daging sapi. Selain warnanya yang hitam, kuah rawon juga memiliki cita rasa khas yang gurih dan enak dan bisa ditemukan pada masakan lainnya.

Hidangan ini biasanya berisi nasi yang disajikan dengan kuah dan irisan daging. Bumbu kluweknya sangat khas.

Kluwek merupakan tumbuhan yang tumbuh secara liar atau setengah liar. Bijinya digunakan sebagai bumbu masakan tradisional Indonesia yang bisa memberi warna hitam pada rawonnya. Rasa manis sambal rawon akan membuat soto ini menjadi lauk yang enak.

Ada juga mesin untuk menghaluskan bumbu yaitu mesin penggiling bumbu. Mesin milling ini digunakan sebagai penggiling bumbu untuk digunakan memasak rawon. Anda dapat mengunjungi rumahmesin.com untuk melihat mesin apa yang mereka pasarkan. Dengan menggunakan mesin penggilingan bumbu ini, Anda akan lebih mudah mengolah bumbu dan mendapatkan bumbu yang lebih berkualitas.

Konsumen rawon

Makanan rawon yang berasal dari daerah jawa timur memang sudah banyak di daerahnya, namun selain dikenal di daerahnya sendiri, makanan rawon ini juga banyak disukai oleh masyarakat luar daerah. Jadi jika anda akan menjalankan bisnis makanan rawon maka target pasar yang akan anda dapatkan akan semakin besar, karena bisa menjangkau seluruh daerah selain Jawa Timur. Makanan berupa rawon juga sangat terjangkau sehingga bisa disantap oleh semua kalangan dari kalangan menengah ke atas hingga kelas menengah ke bawah.

Info Bisnis Rawon

Memulai bisnis makanan dengan menu tradisional yaitu rawon memerlukan beberapa persiapan untuk menunjang kebutuhan bisnis. Persiapan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bisnis makanan lainnya. Yang membedakannya hanya pada proses produksinya, karena rawon dimasak menggunakan bumbu khusus sehingga memiliki ciri khas tersendiri. Berikut adalah beberapa persiapan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis rawon:

  • Siapkan perlengkapan dan perlengkapan bisnis. Alat dan perlengkapan tersebut seperti etalase toko, kompor, alat masak, alat makan, meja kursi dan perlengkapan lainnya.
  • Pilih lokasi yang strategis untuk bisnis anda ini dan pilih lokasi yang ramai karena banyak orang yang melewatinya. Lokasi tersebut antara lain area sekolah, kampus, perkantoran, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.
  • Beri harga yang sesuai, makanan berupa rawon bisa disajikan di restoran mewah hingga warung jajanan, oleh karena itu tawarkan harga sesuai target pasar Anda. Satu porsi rawon biasanya dipatok dengan harga Rp. 6.000 sampai Rp. 15.000.
  • Kualitas produk harus diperhatikan. Hal penting yang harus diperhatikan adalah dengan menjaga kualitas dan cita rasa produk. Jadi, pilihlah bahan baku yang segar untuk membuat makanan rawon ini.
  • Bahan terpenting adalah kluwak karena cita rasa khas yang dihasilkan dari rawon ini berasal dari bumbu ini. Kemudian pilihlah keluak yang benar-benar tua, agar warna dan rasa yang dihasilkan semakin nikmat.

Tips Memilih Daging yang Baik untuk membuat Rawon

  1. Daging yang digunakan untuk membuat rawon berbeda dengan daging yang digunakan untuk membuat masakan daging lainnya seperti rendang, sop daging dan lain sebagainya.
  2. Sebaiknya pilih daging yang memiliki sedikit daging dan juga sedikit lemak. Karena ini akan membuat rawon gurih tapi Anda tetap bisa menikmati kelezatan daging sapinya.
  3. Jangan memilih daging tetelan karena tekstur daging tetelan yang biasanya banyak lemak dan sedikit daging akan membuat daging sangat sulit untuk digigit atau sulit dimakan.
  4. Meski tetelan ini adalah daging yang dipilih kebanyakan orang untuk dijadikan rawon, namun daging tetelan ini memiliki daging yang sangat sedikit dibanding daging lainnya.
  5. Daging rawon terbaik adalah daging di bagian dada atau punggung. Karena daging di daerah ini memiliki tekstur yang pas untuk dijadikan rawon, sehingga mudah digigit dan enak saat dirasa.

Bahan-bahan :

  • 500 gram daging sapi
  • 1 bungkus bumbu rawon instan (cap lilik)
  • 2 batang serai
  • secukupnya gula pasir
  • 7 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • secukupnya garam

Bumbu Halus :

  • 3 buah luwak
  • 1 sdm ketumbar yang sdh d sangrai
  • 2 ruas jahe
  • 7 siung bawang merah
  • 2 ruas kunyit
  • 5 siung bawang putih
  • 2 ruas laos

Pelengkap :

  • sambal (cabe rawit dan bawang putih)
  • kecambah pendek
  • jeruk nipis
  • kerupuk
  • daun pre dan bawang merah goreng

Cara Membuat Rawon Daging Sapi Spesial :

  1. Siapkan daging yang sudah dicuci dan iris daging sesuai ukuran daging sate.
  2. Cuci bersih lalu tiriskan.
  3. Haluskan semua bumbu halus.
  4. Di dalam panci, panaskan 2 liter udara. Tunggu sampai mendidih.
  5. Rebus daging sapi dengan api kecil untuk mendapatkan kaldu yang bening dan lezat.
  6. Setelah itu, tunggu dagingnya melunak.
  7. Tumis bumbu halus yang telah dihaluskan dengan api sedang.
  8. Terus aduk hingga tercium aroma tumis.
  9. Pastikan bumbu terus mengaduk, tumis bumbu halus, jangan gosong dan rasanya sesuai selera.
  10. Tambahkan serai, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam.
  11. Aduk hingga daun layu dan pucat.
  12. Setelah tumis bumbu harum, tambahkan bumbu negara ke dalam panci dan rebus daging.
  13. Aduk hingga bumbu tercampur dengan daging dan kaldu.
  14. Setelah itu biasakan garam, gula aren, dan merica bubuk serta cicipi rasanya.
  15. Lanjutkan memasak dengan api kecil dan tunggu hingga daging benar-benar empuk dan bumbu benar-benar meresap ke dalam daging yang sudah dimasak bersama bumbu tadi.
  16. Setelah diangkat, tambahkan irisan daun bawang. Tunggu selama 5–8 menit.
  17. Matikan api dan sajikan rawon beserta bahan pelengkap.

Cara membuat rawon yang enak memang sangat mudah dibuat bukan? Manakah dari berikut ini yang dapat dibuat di rumah Anda masing-masing. Dengan membuat rawon yang enak ini anda bisa mendapatkan hasil rawon yang sempurna dan sesuai dengan keinginan anda.

Demikian artikel tentang cara membuat rawon yang enak, enak dan tanpa bahan pengawet yang bisa anda coba dan praktekkan di rumah. Semoga dengan hadirnya artikel yang telah saya tulis ini dapat bermanfaat dan membawa manfaat bagi anda semua. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *