Fermentasi Pakan Ternak

Peternak biasanya memanfaatkan Probiotik adalah jenis suplemen pakan yang berasal dari bakteri, karena dapat memberikan keuntungan dalam meningkatkan keseimbangan mikroflora pada saluran pencernaan ternak khususnya bebek hibrida.

Probiotik mengandung berbagai macam bakteri yang sangat menguntungkan didalam saluran pencernaan, biasanya peternak menggunakan Probiotik dari EM4 dan GDM untuk mendukung dalam fermentasi jenis pakan.

Fermentasi Pakan?

Fermentasi pada pakan ternak adalah hasil dari proses pemecahan senyawa organik dengan bantuan mikrooganisme, maka akan diubah menjadi senyawa sederhana yang sangat menguntungkan.

Pengertian lainnya dari fermentasi adalah proses amoniasi, yaitu pengolahan secara kimia yang akan meningkatkan kadar cerna pada hewan ternak dan juga untuk meningkatkan kadar protein didalam pakan fermentasi tersebut.

Jenis Probiotik yang sering Digunakan Peternak

Probiotik memiliki dua tipe dalam Kultur Mikroba hidup, yaitu Probiotik Starbio yang membantu dalam pencernaan, penyerapan zat nutrisi, meningkatkan kadar protein dan mempercepat pertumbuhan pedaging.

EM4

EM4 adalah salah satu jenis Probiotik yang mengandung Mikroorganisme hasil fermentasi, yaitu berasal dari bahan-bahan organik berwarna coklat dan bertekstur cair.

GDM

GDM adalah probiotik dengan suplemen organik cair yang diformulasikan khusus untuk jenis hewan ternak, karena berasal dari bahan-bahan alami dan ramah lingkungan.

Kedua jenis probiotik tersebut juga bisa digunakan untuk probiotik unggas khususnya bebek, karena dapat menjaga kesehatan dan menjaga kualitas daging khusus bebek pedaging yang mempercepat proses pertumbuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *