Pengertian Sampah

Sampah yaitu material sisa yang tidak diharapkan sehabis berakhirnya suatu proses. Sampah yaitu konsep buatan insan, dalam proses-proses alam tidak ada sampah, yang ada hanya produk-produk yang tak bergerak. Sampah mampu berada pada setiap fase materi: padat, cair, atau gas. Saat dilepaskan dalam dua fase yang disebutkan terakhir, utamanya gas, sampah dapat dibilang selaku emisi. Emisi biasa dikaitkan dengan polusi. Dalam kehidupan insan, sampah dalam jumlah banyak tiba dari kegiatan industri (dikenal juga dengan sebutan limbah), contohnya pertambangan, manufaktur, dan konsumsi. Hampir semua produk industri akan menjadi sampah pada sebuah waktu, dengan jumlah sampah yang kira-kira mirip dengan jumlah konsumsi.

Jenis-jenis sampah

Berdasarkan sumbernya

1. Sampah alam
2. Sampah manusia
3. Sampah konsumsi
4. Sampah nuklir
5. Sampah industri
6. Sampah pertambangan

Berdasarkan sifatnya

1. Sampah organik – mampu diurai (degradable)
2. Sampah anorganik – tidak terurai (undegradable)

Sampah Alam

Sampah yang diproduksi di kehidupan liar diintegrasikan melalui proses daur ulang alami, seperti halnya daun-daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Di luar kehidupan liar, sampah-sampah ini dapat menjadi masalah, contohnya daun-daun kering di lingkungan pemukiman.

Sampah Insan

Sampah insan (Inggris: human waste) ialah istilah yang biasa dipakai terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, mirip feses dan urin. Sampah manusia dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan alasannya adalah dapat dipakai sebagai vektor (sarana kemajuan) penyakit yang disebabkan virus dan bakteri. Salah satu pertumbuhan utama pada dialektika manusia ialah penghematan penularan penyakit lewat sampah manusia dengan cara hidup yang bersih dan sanitasi. Termasuk didalamnya adalah perkembangan teori penyaluran pipa (plumbing). Sampah manusia mampu dikurangi dan dipakai ulang misalnya melalui metode urinoir tanpa air.

Sampah Konsumsi

Sampah konsumsi yaitu sampah yang dihasilkan oleh (insan) pengguna barang, dengan kata lain yakni sampah-sampah yang dibuang ke tempat sampah. Ini yakni sampah yang biasa dipikirkan insan. Meskipun demikian, jumlah sampah kategori ini pun masih jauh lebih kecil dibandingkan sampah-sampah yang dihasilkan dari proses pertambangan dan industri.

Sampah Nuklir

Sampah nuklir adalah yang akan terjadi dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menciptakan uranium dan thorium yang sungguh berbahaya bagi lingkungan hidupdan juga insan. Oleh alasannya adalah itu sampah nuklir disimpan ditempat-kawasan yang tidak berpotensi tinggi untuk melaksanakan aktifitas kawasan-tempat yang dituju biasanya bekas tambang garam atau dasar bahari (walau jarang namun kadang masih dijalankan).


Sumber http://Challenging-Islam.org

Comments are closed.