Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

touchpad adalah salah satu komponen penting dalam sebuah laptop yang memiliki fungsi yang sama dengan mouse, kursor bergerak. Dengan touchpad, maka laptop dapat dioperasikan tanpa mouse untuk kegiatan sehari-hari.

Antara touchpad dan mouse memiliki rasa yang berbeda ketika digunakan. Saya pribadi lebih nyaman menggunakan mouse sebagai mudah dioperasikan dan lebih efektif.

Sebenarnya untuk masalah touchpad laptop yang tidak berfungsi sangat langka. Beberapa kali saya menemukan masalah ini ketika laptop berjalan pada ulang. Jika ulang habis dan touchpad tidak bekerja, pertama kali menginstal driver touchpad.

Ketika laptop touchpad merepotkan, lakukan cek hardware langkah pertama terdeteksi atau tidak.Dilansir situs omah-download.blogspot.com , berikut beberapa tips nya :

Periksa Hardware Touchpad

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa hardware touchpad, jika terdeteksi atau tidak. Jika terdeteksi berarti bahwa hardware tidak rusak. Jika hardware touchpad tidak terdeteksi maka kemungkinan kabel panel sentuh fleksibel rusak atau touchpad yang rusak.

 Berikut ini langkah-langkah mengecek hardware touchpad.

  1. Ketikkan Device Manager pada pencarian Windows, lalu klik atau tekan Enter.
  2. Klik Mice and other pointing devices, lalu lihat apakah touchpad ada atau tidak.

Apabila touchpad terdeteksi, namun kursor tidak dapat bergerak sama sekali, kemungkinan penyebabnya adalah touchpad nonaktif atau ada virus di laptop. Jika touchpad tidak terdeteksi, maka penyebabnya adalah kabel fleksibel touchpad putus atau touchpad rusak. Supaya lebih jelas, mari kita bahas satu persatu secara detail.

Cara Memperbaiki Touchpad Laptop

Instal Driver Touchpad

Agar touchpad dapat dipakai dan bekerja lebih maksimal, maka instal terlebih dahulu driver touchpad. Driver laptop berbentuk software yang bisa di download langsung di website resmi dari brand laptop tersebut. Touchpad yang tidak berfungsi bisa disebabkan karena driver belum terinstal.

Driver touchpad laptop

Untuk pengguna Windows 10, ketika laptop selesai di instal ulang, jangan lupa untuk melakukan update Windows. Cara update Windows 10, buka menu Settings (tombol Windows + I). Klik Update & Security, lalu klik Check for updates. Dengan melakukan update Windows maka driver touchpad akan otomatis terinstal.

Aktifkan Touchpad

Mungkin Anda tidak sengaja menekan tombol keyboard sehingga membuat touchpad menjadi nonaktif. Perlu Anda ketahui bahwa touchpad bisa diaktifkan dan dinonaktifkan hanya dengan menggunakan tombol pada keyboard. Nah, untuk tombolnya berbeda-beda tergantung merek dan tipe laptop. Perhatikan tombol F1 – F12 di laptop Anda, temukan tombol yang ada icon touchpad. Jika sudah menemukan tombol tersebut, selanjutnya tekan kombinasi tombol Fn + tombol tersebut, misalnya Fn + F6 dan Fn + F7.

Cara mengaktifkan touchpad laptop

Instal Ulang Laptop

Laptop yang diserang virus bisa menyebabkan touchpad tidak berfungsi. Solusinya adalah dengan melakukan instal ulang laptop.

Instal ulang adalah solusi dari semua permasalahan pada laptop, namun tidak semua bisa teratasi dengan instal ulang. Hanya saja step awal ketika touchpad tidak berfungsi, keyboard tidak berfungsi, laptop sering restart sendiri, dan lain-lain adalah dengan melakukan instal ulang.

Ganti Kabel Fleksibel Touchpad

Untuk kasus ini dibutuhkan kemampuan bongkar laptop. Kami lebih menyarankan untuk membawa ke service center atau tempat service laptop. Namun, apabila Anda ingin melakukannya sendiri maka siapkan kabel fleksibel touchpad baru.

Kabel fleksibel touchpad laptop

Saya beberapa kali mengalami masalah touchpad yang tidak berfungsi, semua cara di atas sudah saya coba dan berhasil.

One comment

  1. Beachwear says:

    We could submit a discover on the Sites if a safety breach
    occurs.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *