Human Resources Manager

Cara Menjadi Human Resources Manager (HRD) dengan Skill Dasar

Cara Menjadi Human Resources Manager atau HRD dengan Skill Dasar yang Tepat – Manager divisi HRD merupakan posisi yang sangat berpengaruh bahkan disegani oleh setiap orang yang ada di sebuah perusahaan. Bahkan seorang kepala divisi di perusahaan tersebut juga bisa dikeluarkan oleh seorang HRD jika ia melanggar aturan. Hal ini membuktikan besarnya wewenang dan tanggungjawab seorang HRD manager.

Untuk itu, tidak sembarang orang yang bisa berada di posisi ini. Perlu karakter dan kemampuan khusus agar mampu memikul tanggungjawab dan tugas tersebut.

Terlebih posisi ini sangat berhubungan langsung dengan setiap orang yang ada di perusahaan tersebut. Sebab, jika tak pandai menguasai kemampuannya maka perusahaan bisa menjadi kacau.

Cara menjadi human resources manager atau HRD bisa dimulai dengan menguasai beberapa kemampuan dasar atau skill khusus. Kemampuan ini tidak selalu bisa dilakukan oleh setiap orang.

Mereka yang sudah melakukan pelatihan dan berpengalaman akan lebih mampu melakukannya. Kemampuan apasajakah itu? Berikut uraiannya.

Multitasking

Dalam divisi ini multitasking sudah sangat melekat dengan pekerjaan sehari-hari. Karena jumlah orang di perusahaan cukup banyak, maka tugas dan pengaturannya pun pasti akan banyak.

Seorang HRD manager harus mampu mengatur proses perekrutan karyawan, mengatur jadwal wawancaranya, memberi tes untuk calon karyawan, hingga mengatur posisi karyawan sesuai kemampuannya.

Cara menjadi human resources manager memang tidaklah mudah. Anda perlu memiliki pengalaman di bidangnya. Minimal Anda sudah pernah bekerja dengan jam kerja yang lama dan pekerjaan yang cukup banyak.

Mampu Menguasai Manajemen Konflik dan Penyelesaiannya

Setiap konflik yang berhubungan dengan perusahaan akan berhubungan langsung dengan divisi HRD. Sebab, tak jarang di sebuah perusahaan terjadi sebuah konflik antar karyawan atau dengan pihak di luar perusahaan. Tugas HRD disini ialah menyelesaikan permasalahan tersebut dan menemukan win-win solution.

Setiap keputusan yang dikeluarkan haruslah bijak untuk kedua belah pihak tanpa memberatkan salah satunya. Apalagi jika konflik yang terjadi ialah konflik mengenai urusan pekerjaan. Jangan sampai salah satu pihak terutama pihak yang benar merasa lebih dirugikan dengan kebijakannya. Cara menjadi human resources manageryang satu ini sangat bersifat dasar.

Kemampuan Dalam Berorganisasi dan Manajemen Perusahaan

Kemampuan dalam organisasi merupakan kemampuan dasar dalam sebuah perusahaan terutama menjadi HRD. Berorganisasi akan membuat Anda mampu mengelola keadaan, persiapan, serta pelaksanaan setiap rencana dan kebijakan. Dasar inilah yang membuat Anda pandai mengatur manajemen perusahaan.

Cara menjadi human resources manager bisa dimulai dengan mengikuti beberap organisasi di sekolah atau universitas. Dari hal ini Anda bisa berlatih bagaimana menjalankan organisasi dengan baik dan mengatur manajemen perusahaan. Hasilnya bisa dilihat dari sistem yang diterapkan kepada karyawan apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Fokus dan Berorientasi dengan Hal yang Pasti

Seorang human resources development atau HRD manager harus bisa fokus terhadap pekerjaannya. Anda harus mengedepankan hal yang penting saja terutama yang berhubungan dengan perusahaan. Seorang HRD juga harus memiliki kemampuan untuk selalu fokus pada pekerjaan dan tidak berorientasi pada keperluan pribadi.

Dalam hal ini profesionalisme Anda akan sangat diuji. Anda akan mengatur setiap karyawan agar mampu melakukan pekerjaannya dengan baik. Jika Anda sendiri tidak bisa profesional, maka karyawan bisa seenaknya bahkan balik menuntut Anda agar sesuai dengan keinginan mereka.

Itulah beberapa skill atau kemampuan dasar agar bisa menjadi seorang HRD manager yang baik. Cara menjadi human resources manager bisa dimulai dengan mengasah beberapa kemampuan tersebut. Bila perlu lakukan pelatihan khusus melalui lembaga tertentu. Dengan begitu, Anda akan lebih mampu untuk memikul tanggungjawab ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *